Wow, Kertas Koran Bisa Dikonversi Menjadi Bahan Bakar Pengganti Bensin!

IOTOMOTIF.com – Meskipun popularitas koran mulai berkurang karena banyak orang lebih memilih membaca berita di media online, namun ternyata koran tetap saja banyak diminati jutaan orang di seluruh dunia. Selain itu, limbah kertas koran bekas juga bisa dimanfaatkan menjadi berbagai kerajinan tangan dan bisa di daur ulang. Dan berita paling baru tentang limbah kertas koran bekas ini datang dari Tulane University, New Orleans, Lousiana, Amerika Serikat, yang menemukan cara untuk mengubah limbah koran bekas menjadi biofuel atau bahan bakar pengganti bensin.

Proyek penelitian yang dipimpin oleh DR Harshad Velankar ini menemukan bahwa bakteri dari koran bekas yang disebut TU-103, mampu mengubah kertas koran menjadi butanol yang dapat digunakan untuk menggerakkan mesin, termasuk mesin mobil. Bakteri ini pertama kali ditemukan pada kotoran binatang yang kemudian secara organik bisa berubah menjadi butanol dengan cara khusus.

Dengan bantuan oksigen, bakteri tersebut kemudian bersatu dengan material selulosa organik yang terdapat pada kertas, kemudian berubah menjadi bahan bakar. Dengan mengubah material selulosa organik menjadi bio-butanol, ilmuwan di universitas ini memprediksi bahwa di masa depan ketergantungan pada bahan bakar fosil akan berkurang.

Keuntungan lainnya adalah bio-butanol bisa langsung terbakar habis, artinya mampu lebih jauh mengurangi emisi. Mengonversi koran bekas menjadi bio-butanol juga secara otomatis mampu mengurangi jutaan ton limbah koran, artinya mampu mencukupi kebutuhan bahan bakar penduduk di seluruh dunia.

Terlebih lagi, bio-butanol juga bisa digunakan pada mobil tanpa harus melakukan adaptasi, karena bisa terbakar mirip dengan pembakaran bensin. Inilah bahan bakar alternatif terbaru yang hampir mendekati bensin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here