Siap Meluncur, Desain Honda CBR150R Rakitan Lokal Mirip All New Honda CBR250R!

IOTOMOTIF.com – Motor sport 150cc andalan Honda, CBR150R rakitan lokal akan segeran diluncurkan oleh Astra Honda Motor (AHM) di pasar otomotif nasional. AHM sengaja memutuskan untuk memrpoduksi Honda CBR150R full fairing di Indonesia agar nantinya harga jual CBR150R mampu bersaing dengan kompetitor lainnya yang memang sudah diproduksi di Indonesia.

Harga Honda CBR150R lokal juga dipastikan akan terpaut jauh dengan Honda CBR150R versi CBU Thailand yang dibanderol dengan harga Rp 42,9 jutaan. Hal tersebut tentunya tak lepas dari kesamaan beberapa komponen part CBR150R dengan CB150R yang saat ini sudah diproduksi di Indonesia, selain itu spesifikasi kedua motor sport andalan Honda ini juga sama persis. Jika melihat sang kompetitornya Yamaha R15 yang dilepas dengan harga Rp 28 jutaan, maka diharapkan harga Honda CBR150R lokal ini nantinya juga bisa mendekati harga jual pesaingnya tersebut.

Sebelumnya, Deputy GM Saless Division PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya juga pernah membeberkan beberapa perubahan Honda CBR150R rakitan lokal ini, seperti pada bagian desain yang diklaim akan mirip dengan desain All New Honda CBR250R yang hadir dengan mengusung fairing baru dan dual head lamp slip. “Bentuknya mirip sama yang 250cc, lebih kecil saja,” ungkapnya.

Sementara komponen lainnya yang pasti akan mengalami perubahan adalah pada bagian rangkanya. Honda CBR150R rakitan lokal ini dipastikan tidak akan lagi menggunakan rangka deltabox, namun akan menggunakan rangka tubular seperti Honda CB150R StreetFire.

Tidak hanya itu, suspensi Honda CBR150R lokal ini juga akan tampil berbeda karena sudah mengaplikasikan teknologi Pro-Link. Konstruksi suspensi Pro-Link ini juga dikenal memiliki beberapa keunggulan, seperti rebound lembut, stabil dan nyaman di kecepatan tinggi. Dudukan sokbreaker belakang Honda CBR150R rakitan lokal ini juga akan berbeda dengan CBR150R yang dipasarkan saat ini di Indonesia karena bagian bawahnya langsung menempel ke lengan ayun.

Namun tidak semuanya akan berubah pada Honda CBR150R rakitan lokal ini, seperti pada bagian peleknya yang akan tetap menggunakan pelek lebar seperti generasi sebelumnya, yakni 2,5 inci untuk bagian depan dan 3,5 inci untuk belakang.

Sementara pada bagian jantung pacunya akan tetap mengandalkan mesin berkapasitas 150 cc, 1-silinder, DOHC, 4-klep dengan pendingin air. Jantung pacu CBR150R ini juga sama dengan mesin CB150R, bedanya hanya pada sistem injeksi CB150R yang sampai saat ini belum close loop. Sedangkan CBR150R tetap close loop, tapi posisi 02 sensornya yang berubah.

Pada Honda CBR150R versi CBU Thailand, sensor 02 ada di silinder head, sedangkan pada CBR150R rakitan lokal 02 sensornya diletakkan pada bagian leher knalpot, sementara area kepala silindernya akan tetap sama seperti milik CB150R. Nah, kapan ya waktu peluncurannya? Yang jelas tidak akan lama lagi! Lalu berapa harga jual Honda CBR150R buatan Indonesia ini? Simak terus informasi terbarunya hanya di iotomotif.com!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here