MotoGP Indianapolis 2014: Marc Marquez Waspadai Performa Yamaha!

IOTOMOTIF.com – Marc Marquez mengawali paruh kedua musim MotoGP 2014 yang digelar di Indianapolis Motor Speedway dengan meyakinkan. Meskipun sempat tercecer di posisi kelima pada sesi Free Practice 1 MotoGP Indianapolis 2014, Marquez akhirnya kembali berhasil menunjukkan dominasinya dengan menjadi pembalap tercepat pada sesi Free Practice 2.

Sirkuit Indianapolis yang dibangun pada tahun 1909 ini juga tampil dengan layout baru dan aspal baru. Perubahan layout sirkuit Indianapolis ini tentunya tidak lepas dari perubahan yang dilakukan pada tikungan 3, 4, 7, 15 dan 16 yang didesain ulang untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada para pembalap saat menikung.

Dengan adanya revisi terhadap lintasannya ini juga membuat panjang sirkuit Indianapolis ini harus terpaksa di pangkas 50 meter dan kini menjadi 4.170 meter. Para pembalap yang turun pada sesi latihan bebas hari pertama pun banyak mengomentari layout baru dan aspal baru sirkuit ini, termasuk Marc Marquez.

“Lintasan telah diperbarui dengan kualitas grip lebih baik dan hampir tidak bergelombang dan ini lebih baik buat para pebalap.”

“Layout buat Honda mungkin lebih baik yang lama, tapi kali ini seperti sirkuit normal dan saya pikir Yamaha bisa lebih dekat dengan kami. Tapi dengan setelan yang tepat kami bisa raih kemenangan,” jelas Marquez yang berhasil menjadi pembalap tercepat pada sesi FP2 dengan mencatatkan waktu 1 menit 32.882 detik.

Tidak hanya Marquez yang berkomentar tentang layout baru dan aspal baru sirkuit Indianapolis ini, pembalap andalan Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo pun turut mengomentari perubahan tikungan pada sirkuit ini.

“Tikungan yang dirubah sebelumnya sangat lambat, sekarang motor kami tidak menggunakan gigi 1 dan ini lebih baik. Saya sangat menyukainya. Lintasan juga tidak ada gelombang sehingga cukup rata serta cengkeraman lebih konstan sepanjang lintasan.”

Tak ketinggalan,  Stefan Bradl pun ikut berkicau dan menyatakan bahwa dirinya sangat menikmati lintasan baru Indianapolis jika dibandingkan dengan sebelumnya. “Karakter lintasan lebih mengalir. Serta lintasan tidak buruk dan seluruhnya mereka lakukan dengan bagus.”

Pembalap andalan Monster Yamaha Tech3 yang pada musim depan bergabung bersama tim NGM Forward Racing ini juga mengakui bahwa panitia Indianapolis Motor Speedway bekerja sangat bagus dengan mendesain ulang beberapa tikungan dengan aspal baru. “Semakin menyenangkan membalap di sini, dan tidak ada lagi gear 1 dan ini sangat bagus buat Yamaha!”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here