Ford Fiesta Menjadi Mobil Paling Laris Sepanjang Masa di Inggris

IOTOMOTIF.com – Mobil kecil andalan produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford Fiesta dinobatkan menjadi mobil paling laris sepanjang masa di Inggris, demikian seperti yang dilansir oleh Telegraph, Kamis, (24/7/2014). Menurut data yang diambil dari Society of Motor Manufactures and Traders (SMMT), yang menunjukkan total penjualan Ford Fiesta sejak pertama kali dijual pada tahun 1976 mencapai 4.132.294 unit.

Tidak hanya itu, selama dipasarkan di Inggris selama 37 tahun, Ford Fiesta juga berhasil memimpin penjualan di segmen mobil kecil hampir selama 27 tahun. Sementara di posisi kedua berhasil ditempati oleh Ford Escort yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1968 dan kemudian digantikan oleh Ford Focus pada tahun 2000 dengan total penjualan mencapai 4.105192 unit dalam 32 tahun.

Seperti diketahui, nama Fiesta sendiri dicetuskan oleh Henry Ford II pada tahun 1975 atau tiga tahun setelah Ford berencana untuk membangun mobil kecil. Pada saat itu, kode mobil kecil Ford ini adalaha “Project Bobcat”.

Dan hingga tahun 1979, Ford juga sudah berhasil memproduksi 1 juta unit Ford Fiesta, lalu dua tahun berikutnya Ford berhasil melahirkan XR2m yang menjadi generasi Fiesta yang menjadi favorit anak muda karena bisa melesat dengan sangat kencang. Dengan dibekali mesin berkapasitas 1.600 cc, mobil andalan Ford ini mampu melesat hingga kecepatan 160 km/jam.

Kisah sukses Fiesta pun terus berlanjut, diantaranya melalui Mk2 pada tahun 1983, Mk3 pada 1996, Mk5 pada 2002, dan yang terakhir adalah Mk6 yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008. Dan varian terbaru Fiesta semakin menggoda karena hadir dengan menawarkan mesin Ecoboost.

Cairman Ford Inggris, Mark Ovenden juga mengatakan bahwa Fiesta sampai saat ini terus melesat dan meninggalkan para pesaing terdekatnya dalam hal penjualan, bahkan sampai dua kali lipat jumlahnya. ”Dan itu sudah mewakili cerita bahwa mobil ini tidak biasa,” ujarnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here