Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza Diperkirakan Akan Dapatkan Diskon

IOTOMOTIF.com – Persaingan di segmen LMPV semakin ketat dengan kehadiran Honda Mobilio yang bahkan mampu mengganggu penguasa yang selama ini menjadi raja di segmen tersebut, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Sepanjang tahun ini, PT Honda Prosepect Motor (HPM) berhasil menjual sebanyak 46 ribu Honda Mobilio.

Tak pelak lagi, hasil tersebut menaikkan pangsa pasar Honda di Indonesia menjadi 12,9 persen pada paruh pertama tahun 2014 dari 8,2 persen pada periode yang sama tahun lalu. Memang, bila dibandingkan dengan penjualan wholesale Avanza, penjualan Mobilio masih jauh tertinggal. Mobil keluarga yang dibuat oleh Toyota masih kuat dengan penjualan sebanyak 89 ribu, sementara Xenia 23 ribu.

Namun, mengutip data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pangsa pasar Toyota harus tergerus dari 35,7 persen pada semester I tahun lalu menjadi 34,9 persen tahun ini. Melihat penurunan tersebut, Toyota di Indonesia yang bermitra dengan Astra Internasional dipastikan tak akan tinggal diam dan diperkirakan akan menggelar diskon untuk berbagai model mereka.

“Untuk mempertahankan pangsa pasar dalam 12-18 bulan ke depan, Astra International kemungkinan akan memberikan diskon yang menarik kepada pelanggan,” ujar Fredrick Tanggela, seorang analis dari Trimegah Securities.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here