Kabel Rem ABS Terjepit, Harley-Davidson Recall 66.421 Unit Moge-nya!

IOTOMOTIF.com – Produsen moge asal Amerika Serikat, Harley-Davidson baru-baru ini resmi mengumumkan kampanye perbaikan massal atau recall terhadap 66.421 unit moge-mogenya produksi tahun 2014. Menariknya lagi, recall Harley-Davidson ini melanda hampir semua tipe moge Harley-Davidson, mulai dari Electra Glide Ultra Limited, Electra Glide Ultra Classic, Street Glide, Road King, CVO Limited sampai CVO Road King.

Menurut data yang dirilis oleh National Highway Traffic Safety Administration, perbaikan massal atau recall ini dilakukan karena adanya masalah selang rem ABS yang terjepit. Akibat terjepitnya kabel rem ABS moge Harley-Davidson ini juga ditengarai memungkinkan tekanan oli rem menjadi lebih tinggi dan membuat rem bekerja tanpa diperintah. Rem pun tiba-tiba terkunci meski tidak ditekan atau hanya ditekan sedikit.

Parahnya lagi ternyata yang terdeteksi mengalami masalah tersebut adalah rem depan yang tentunya ketika terkunci akan lebih sulit dikendalikan dibandingkan dengan roda belakang yang terkunci.

Permasalahan ini sebenarnya mulai terdeteksi sejak bulan September 2013 lalu pada sepeda motor milik Polisi yang sedang di service. Selang satu bulan berikutnya, Harley-Davidson pun kembali mendapatkan 6 klaim terkait permasalahan yang sama. Dan hingga bulan Mei lalu, H-D juga mendapatkan pengaduan sebanyak 39 klaim dengan empat diantaranya mengalami cidera ringan karena mengalami kecelakaan yang diakibatkan permasalahan tersebut.

Untuk mengatasi masalah rem ABS yang terjepit ini, Harley-Davidson pun memasang tali untuk mencegah selang rem kembali terjepit. Sedangkan untuk motor yang sudah beredar di pasaran, jaringan dealer Harley-Davidson juga siap melakukan perbaikan, baik mengalami permasalahan tersebut ataupun tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here