Honda Jazz Terbaru Dibandingkan Dengan Toyota Yaris Untuk Pasar Indonesia

IOTOMOTIF.com – Beberapa hari yang lalu PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan generasi ketiga Honda Jazz terbaru. Mobil hatchback yang cukup popular di Indonesia ini memiliki beberapa saingan kuat di pasar otomotif tanah air, salah satunya adalah Toyota Yaris. Dengan meluncurnya model baru ini pasti akan membingungkan para calon pembeli untuk membeli Jazz atau Yaris. Karena itu kami jabarkan spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh kedua mobil.

Untuk sumber tenaga, Honda menggunakan mesin yang sama dengan model sebelumnya yaitu mesin berkapasitas 1,497 cc 4-silinder i-VTEC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 145 HP pada 120 rpm dengan torsi 145 Nm pada 6.600 rpm-4.800 rpm. Sementara itu untuk Toyota Yaris menggunakan mesin 1NZ-FE, 4 silinder yang berkapasitas 1,497 cc, DOHC VVT-i dengan tenaga yang mencapai 109 HP pada 6.000 Nm dan torsi 141 Nm pada 4.200 rpm. Di atas kertas, daya yang dimiliki oleh Toyota Yaris lebih rendah dari Honda Jazz dengan perbedaan 11 hp.

Sedangkan untuk interior, kedua mobil ini memiliki tampang yang sama-sama sporty. Bahkan warna interior juga didominasi warna hitam. Warna perak juga menghiasi dashboard dan roda kemudi. Panel instrumen Honda Jazz memiliki tampilan lebih menarik. Tampilan menari ini dihasilkan dari multi-information display (MID) yang menggunakan layar digital dengan background berwarna biru.

Sedangkan untuk fitur, setiap mobil memiliki keunggulan masing-masing. Honda Jazz dengan G-CON ditambah ACE mampu menyerap dan mendistribusikan tekanan benturan ketika terjadi tabrakan. Sementara itu Toyota Yaris menawarkan Energy Absorbing Body Structure & High Strength Body Frame. Fitur lain seperti kantong udara ganda, ABS, EBD dan Immobilizer menjadi fitur standar pada kedua model.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here