IOTOMOTIF.com – Setelah sebelumnya sempat muncul di syuting film The Avenger 2: Age of Ultron, Harley-Davidson akhirnya mengkonfirmasi kelahiran motor listrik pertamanya. Proyek motor listrik Harley-Davidson ini diberi nama Harley-Davidson Livewire dan akan menjadi sepeda motor listrik pertama HD setelah 111 tahun lamanya menjadi produsen sepeda motor bermesin besar.

Detail desain motor listrik Harley-Davidson Livewire ini muncul pertama kali di situs Aspaltandrubber. Potongan-potongan sketsa Harley-Davidson Livewire yang bocor ini juga menjadi bukti keseriusan pabrikan moge legendaris asal Amerika Serikat ini untuk melahirkan sepeda motor untuk mengantisipasi semakin menipisnya cadangan minyak bumi.

Motor listrik HD Livewire terbaru ini hadir dengan dibekali dengan motor listrik 3 fase yang mampu melontarkan tenaga hingga 55 kW (174 HP) dengan torsi mencapai 52 lbs.ft. Motor listrik Harley-Davidson ini juga mampu diajak untuk menempuh perjalanan sejauh 161 km dan akan hadir dengan transmisi 1-speed layaknya sepedamotor listrik pada umumnya yang hadir tanpa kopling.

Dengan dibekali dengan motor listrik, maka Harley-Davidson Livewire ini tidak akan memiliki suara, berbeda dengan moge Harley-Davidson yang hadir dengan mesin konvensional. Harley-Davidson juga berharap dengan kehadiran Livewire terbarunya ini mampu meningkatkan penjualannya di dunia.

Harley-Davidson Livewire hadir dengan desain futuristik dan sporty yang sangat disukai oleh anak muda. Rencananya, motor listrik pertama Harley-Davidson ini juga diproyeksikan untuk menyasar segmen biker berumur 18-34 tahun.

Hadir dengan mengusung gaya khas cruiser yang futuristik, Harley-Davidson Livewire ini dibekali dengan chassis alumunium yang disandingkan dengan belt-drive baru serta suspensi upside-down untuk bagian depan dan monoshock di bagian belakangnya.

Kabarnya, harga Harley-Davidson Livewire terbaru ini akan dibanderol dibawah US$ 20.000 atau sekitar Rp 112 jutaan. HD juga telah menyiapkan tour untuk motor listrik terbarunya ini hingga akhir 2014 dengan menyusuri 66 rute terkenal di Amerika Serikat dan akan mengunjungi 30 outlet Harley-Davidson di sana.

Galeri Foto Motor Listrik Harley-Davidson Livewire:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here