Honda: CB150R Streetfire versi Full Fairing, Kenapa Tidak?

IOTOMOTIF.com – Di tengah-tengah semakin memanasnya persaingan di segmen motor sport Tanah Air, PT Astra Honda Motor (AHM) pun terus melakukan langkah-langkah untuk terus bersaing dengan para rivalnya. Salah satunya adalah dengan merakit secara completely knock down (CKD) Honda CBR150R agar nantinya harga motor sport 150 cc andalannya ini mampu bersaing pada tahun ini juga.

Dan kabar terbaru juga menyebutkan bahwa AHM sedang mempersiapkan Honda CB150R Streetfire versi full fairing, layaknya Yamaha V-Ixion yang telah hadir dengan versi full fairing dan menjadi R15.

Namun kabar inipun cepat dibantah oleh GM Marketing Planning and Analysis AHM, Agustinus Indraputra yang mengatakan, bahwa CB150R StreetFire akan mengisi pasarnya sendiri di kelas naked, karena semua line up motor sport Honda memiliki pasar masing-masing.

”Masa sih Streetfire butuh dibajuin? Bukannya orang suka seperti ini?” celetuknya seusai jumpa pers Astra Honda-Safety Riding Instructor Competition, di Bandung, (10/6/2014).

Indra juga menjelaskan, bahwa memang ada sebagian konsumen yang ingin memberi fairing pada CB150R Streetfire dan bisa memanfaatkan dan mendapatkannya di pasar after market. Para penggemar generasi CB juga bisa memodifikasi sendiri jika mau. Namun, pada dasarnya Indra menyiratkan bahwa AHM tidak menutup kemungkinan tersebut. ”Saya tidak bilang kemungkinannya kecil sekali, tapi saya bilang kalau pasarnya cukup, kenapa tidak?” imbuhnya.

Indra juga mengakui bahwa gagasan mendandani CB150R Streetfire dengan full fairing memang sempat dipikirkan oleh AHM, dan semua masukan tersebut dianggap sebagai pertimbangan untuk pengembangan model selanjutnya.

Namun bagi Honda, hal yang paling penting untuk segmen ini adalah menghadirkan model sport murah full fairing. Jika mengembangkan kembali CB150R Streetfire full fairing, tentunya akan membutuhkan waktu dan memakan biaya lebih besar melalui Research & Development (R&D). Namun jika melokalkan CBR150R, maka Honda tidak membutuhkan biaya banyak seperti melakukan pengembangan model baru.

Seperti telah kita ketahui bersama, bahwa segmen motor sport terbesar di Indonesia sekitar 80 sampai 90 persen bermain kelas 150 cc. Adapun line up motor sport 150 cc yang menjadi andalan Honda di segmen ini diantaranya adalah, CB150R Streetfire, Verza 150, New Mega Pro dan CBR150R (CKD). Dengan mengandalkan keempat jagoannya tersebut, Honda optimis bisa menggeser dominasi Yamaha yang mengandalkan V-Ixion, Byson dan yang terbaru R15.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here