Home » Review » Comparisons » Sekilas Perbandingan Mitsubishi Outlander Sport dan Mazda CX-5
Comparisons

Sekilas Perbandingan Mitsubishi Outlander Sport dan Mazda CX-5

IOTOMOTIF.com – Mitsubishi Outlander Sport yang hadir dalam segmen compact SUV/Crossover memiliki banyak persamaan dengan Mazda CX-5, dimana kedua mobil tersebut merupakan mobil model baru yang hadir di Indonesia.

Pada tampilan eksterior, kedua mobil compact SUV tersebut sama-sama memiliki desain SUV modern yang berkesan agresif dengan desain headlamp yang bersudut tajam dengan paduan grill yang besar. Tampilan wajah Outlander Sport dengan model grill berbentuk huruf-A mirip dengan sedan sport Mitsubishi Lancer Evolution-X. Sementara itu desain Mazda CX-5 yang berkonsep KODO sepintas mirip dengan Mazda3 sedan.

Keduanya dilengkapi dengan lampu proyektor. Outlander Sport menggunakan headlamp model proyektor Halogen. Sedangkan headlamp CX-5 menggunakan headlamp bi-Xenon proyektor pada varian tertingginya CX-5 Touring.

Bagian kaki-kaki Outlander Sport dan CX-5 sama-sama menggunakan suspensi MacPherson Sturt, coil spring dengan stabilizer bar. Dilengkapi dengan 4 anti lick braking system (ABS) ditambah dengan sistem Electronic Brakingforce Distribution (EBD). Dalam hal ini CX-5 lebih unggul dari Outlander SPort, karena dilengkapi dengan fitur Emergency Stop Signal System, hill Launch Assist System dan Tire Pressure Monitoring System untuk memudahkan dalam berkendara.

Pada sektor mesin, Mitsubishi Outlander Sport menggunakan mesin MIVEC DOHC 2.0-liter dengan teknologi INVECS-III yang menghasilkan tenaga 150 tk. Sedangkan Mazda CX-5 menggunakan mesin berteknologi SKYACTIV-G 2.0-liter dengan tenaga sebesar 155 tk. CX-5 hanya tersedia dalam pilihan transmisi otomatis saja, sedangkan Outlander Sport tersedia dalam pilihan transmisi otomatis maupun manual. Untuk efisiensi bahan bakar, jelas Mazda CX-5 lebih unggul dari Outlander Sport, hal ini karena teknologi SKYACTIV Mazda yang dapat mengefisiensikan penggunaan bahan bakar.

Selanjutnya adalah hal yang paling penting, yaitu tentang harga. Untuk urusan harga, Mitsubishi Outlander Sport lebih unggul dari Mazda Cx-5. Sebagai produk CKD yang diproduksi di pabrik Indonesia, Outlander Sport memiliki harga yang jauh lebuh kompetitif, yaitu dilepas dengan harga mulai dari Rp 289 juta untuk varian terendah, sampai Rp 325 juta untuk varian tertinggi. Smentara itu, Mazda CX-5 yang didatangkan langsung dari Jepang (CBU) dijual dengan harga Rp 375 sampain Rp 410 juta. Kabarnya, Mazda CX-5 akan di produksi di pabrik Mazda Malaysia.









Get a weekly email with best free content
Subscribe