Hasil F1 Canada 2014: Riccardo Juara, Rosberg Kedua dan Vettel Ketiga

  • Whatsapp

IOTOMOTIF.com – Seri F1 Canada 2014 yang berlangsung di sirkuit Gilles-Villeneuve akhirnya menjadi akhir dominasi kemenangan Mercedes F1 Team sejak seri pertama F1 2014. Berakhirnya dominasi Mercedes tersebut ditandai dengan kemenangan Daniel Ricciardo yang berhasil mempersembahkan kemenangan pertamanya bagi timnya, Red Bull Racing-Renault.

Pembalap asal Australia ini berhasil meraih kemenangan setelah pada lap-lap akhir berhasil merebut posisi yang ditempati oleh Nico Rosberg yang memimpin sejak awal-awal balapan. Selain Daniel Ricciardo, pada seri ketujuh F1 2014 ini, tim Red Bull Racing-Renault juga berhasil menempatkan pembalap andalannya, Sebastian Vettel di posium ketiga.

Read More

Rosberg yang mengawali balapan dari posisi start terdepan berhasil mempertahankan posisinya dari ancaman Lewis Hamilton jelang tikungan pertama. Pada lap-lap awal ini juga terjadi insiden yang dialami oleh dua pembalap Marussia, Max Chilton dan Jules Bianchi yang terlibat tabrakan di tikungan 3 yang akhirnya membuat Safety Car pun turun ke lintasan.

Duet Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton sebenarnya sempat membuat jarak yang cukup jauh dengan para rivalnya. Namun sayangnya ketika balapan masuk paruh kedua, Rosberg dan Hamilton melaporkan bahwa mengalami penurunan tenaga pada mesin Mercedes andalannya yang membuat keduanya pun perlahan mulai terkejar oleh para rival dibelakangnya.

Hamilton juga sempat merebut posisi pertama dari Rosberg setelah pitstop kedua. Namun Hamilton harus mengakhiri balapan lebih awal karena mengalami kerusakan pada sistem pengereman Mercedesnya.

Rosberg yang masih memimpin di depan, usai Hamilton mengakhiri balapan lebih awal pun secara perlahan mulai ditempel oleh Sergio Perez, Ricciardo dan Sebastian Vettel. Sergio Perez yang berhasil menempati posisi kedua pun juga harus tersingkir karena mengalami permasalahan pada sistem pengereman yang membuat Ricciardo dan Vettel pun berhasil menyusulnya pada lap ke-65.

Ricciardo pun berhasil mengasapi Rosberg pada lap ke-68 dan memimpin balapan di posisi terdepan. Pada awal-awal lap 70 atau terakhir, kembali terjadi insiden yang melibatkan Felipe Massa dan Perez. Kedua pembalap ini menabrak tembok pembatas di tikungan 1 dan hampir saja melibatkan Vettel yang berada di depannya. Kejadian ini bermula saat Massa berusaha mendahului Perez dan menyenggol ban mobil Perez.

Ricciardo pun mengakhiri balapan sebanyak 70 lap penuh drama inipun dengan finish di posisi pertama, disusul oleh Rosberg di posisi kedua dan Vettel di posisi ketiga. Dengan hasil di F1 Montreal 2014 ini, maka Ricciardo pun berhasil naik satu tingkat dan menggeser Fernando Alonso di posisi ketiga klasemen sementara pembalap F1 2014. Sementara Nico Rosberg yang meraih podium kedua, sukses menjauh dari Hamilton dengan terpaut 22 poin dan masih kokoh di puncak klasmen sementara F1 2014.

Hasil F1 Canada 2014:

Pos No Driver Team Time/Retired
1 3 Daniel Ricciardo Red Bull Racing-Renault 39:12.8
2 6 Nico Rosberg Mercedes +4.2 secs
3 1 Sebastian Vettel Red Bull Racing-Renault +5.2 secs
4 22 Jenson Button McLaren-Mercedes +11.7 secs
5 27 Nico Hulkenberg Force India-Mercedes +12.8 secs
6 14 Fernando Alonso Ferrari +14.8 secs
7 77 Valtteri Bottas Williams-Mercedes +23.5 secs
8 25 Jean-Eric Vergne STR-Renault +28.0 secs
9 20 Kevin Magnussen McLaren-Mercedes +29.2 secs
10 7 Kimi Räikkönen Ferrari +53.6 secs
11 11 Sergio Perez Force India-Mercedes Accident
12 19 Felipe Massa Williams-Mercedes Accident
13 99 Adrian Sutil Sauber-Ferrari +1 Lap
14 21 Esteban Gutierrez Sauber-Ferrari +6 Lap
Ret 8 Romain Grosjean Lotus-Renault +11 Lap
Ret 26 Daniil Kvyat STR-Renault +23 Laps
Ret 44 Lewis Hamilton Mercedes +24 Laps
Ret 10 Kamui Kobayashi Caterham-Renault +47 Laps
Ret 13 Pastor Maldonado Lotus-Renault +49 Laps
Ret 9 Marcus Ericsson Caterham-Renault +63 Laps
Ret 4 Max Chilton Marussia-Ferrari Accident
Ret 17 Jules Bianchi Marussia-Ferrari Accident

Note – Gutierrez did not take part in qualifying due to chassis damage sustained in FP3. Races at stewards’ discretion, starts from pit lane. Kobayashi qualified 20th; drops 5 grid spots for unscheduled gearbox change.

Related posts