Home » Tips & Advice » Owner's Guide » Tips Perawatan Cat Mobil [Bagian-1]
Owner's Guide

Tips Perawatan Cat Mobil [Bagian-1]

IOtomotif.com – Penampilan mobil baru memang sangat bagus, akan tetapi ketika mobil tersebut sudah berumur tiga atau lima tahun, tentu saja penampilannya, terutama kondisi cat mobil tersebut sudah tidak baik lagi karena termakan usia.

Penampilan cat pada mobil sangatlah penting, karena ketika akan menjual mobil, yang pertama kali di lihat oleh calon pembeli adalah memeriksa bagian body mobil termasuk cat, dan selanjutnya baru memeriksa bagian dalam mobil. Hanya dengan melihat kondisi luar mobil/cat, kita dapat memperkirakan bagaimana pemilik mobil memperlakukan mobil tersebut.

Agar nilai jual mobil bekas tidak terlalu turun, maka pemilik mobil yang berniat menjual mobilnya harus merawat dan menjaga cat mobil agar tetap bagus. Berikut ini iotomotif akan membahas perawatan cat mobil termasuk mobil warna hitam maupun putih.

Pencucian Mobil

Cat mobil asli bawaan pabrik, memiliki kualitas yang baik dan teruji, pada umumnya cat mobil bawaan pabrik dapat bertahan sampai belasan tahun, tetapi hal itu juga tergantung dari perawatan cat mobil tersebut. Kesalahan pencucian mobil sering terjadi pada kebanyakan orang pada saat mencuci mobil sehingga menyebabkan baret-baret halus sampai swirl laba-laba yang akan tampak terlihat jelas saat terkena pendaran sinar matahari.

Waktu mencuci mobil yang tepat adalah saat temperatur udara tidak panas atau matajari tidak terik, seperti pada waktu pagi hari atau sore hari.

Tekanan semprotan air untuk mencuci mobil disarankan jangan terlalu kencang, agar tidak merusak cat karena tekanan air yang terlalu kencang. Semprotan air tersebut berfungsi untuk membersihakan kotoran yang menempel pada body mobil, maka cukup dengan tekanan yang sedang saja. Setelah pencucian, mobil harus segera dibilas menggunakan lap kulit atau kanebo, agar air tidak menempel dan membekas pada body mobil.

Kondisi jalanan yang berdebu, sering membuat debu dan pasir-pasir kecil menempel pada body mobil. Apabila terjadi hal tersebut, mobil harus segera dicuci karena jika tidak, hal itu akan menyebabkan baret-baret halus. Misalnya kontak yang terjadi dengan body mobil anda yang telah tertempel debu dan pasir halus akan menyebabkan baret. Untuk itulah, pembilasan body mobil secara seksama pada pencucian sangatlah penting untuk melepas kotoran-kotoran yang menempel pada body mobil.

 









Get a weekly email with best free content
Subscribe