in

Tips Hemat Konsumsi Bahan Bakar

IOTOMOTIF.com –Harga bahan bakar minyak terus meningkat. Tidak hanya harga saja yang mahal, gas buang dari asap kendaraan yang menggunakan BBM juga mampu mencemari lingkungan. Namun ternyata menghemat bahan bakar dan meminimalkan dampak pencemaran lingkungan dapat dilakukan oleh mengendarai sebuah mobil yang baik. Dikatakan juga dengan cara ini kita dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga 15 persen.

Candra Sigit Bujana selaku Service Representative PT Sun Motor Indosentra Trada mengatakan hal-hal kecil seperti menekan pedal gas ketika pertama kali menjalankan mobil dapat menghemat bahan bakar hingga 11 persen. Kuncinya adalah untuk tidak menekan gas secara tiba-tiba. “Akselerasi perlahan dengan akurasi 20 km/jam saat memulai, bisa mengurangi konsumsi bahan bakar 11 persen,” kata Candra.

Selain pengendara kadang-kadang lupa untuk pendingin mobil dengan suhu terdingin terlalu lama ketika suhu di dalam mobil sudah dingin. Chandra menjelaskan, dengan menjaga suhu sekitar 25 derajat Celsius, maka itu bisa menghemat bahan bakar sekitar 12 persen. “Mengurangi suhu terlalu dingin di kabin mobil. Jika menggunakan suhu 25 derajat maka menghemat penggunaan bahan bakar sekitar 12 persen,” jelasnya.

Selain itu pengereman juga dapat menghemat bahan bakar, yaitu memindahkan gigi secara perlahan untuk mengerem. Chandra juga menjelaskan Penghangat Ruangan mobil juga tidak perlu dinyalakan terlalu lama. “Kadang ada yang manasin mobil terus ditinggal mandi. Sebenarnya cukup 3 menit. Mobil menggunakan 130 cc bahan bakar saat mesin idling selama 10 menit. Apalagi sekarang injeksi. Kalau berhenti di mini market atau apapun sebisa mungkin matikan mesin,” katanya. Chandra juga mengatakan bahwa dengan penghematan bahan bakar, gas buang mobil otomatis dapat berkurang untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Written by Celia Renata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mitsubishi Lancer Evo Terbaru Akan Dijual Dengan Harga Rp 400 Jutaan

Dengan Avanza Luxury, Toyota Ingin Memonopoli Segmen Low MPV