Produksi Toyota Indonesia Dihentikan Sementara

IOTOMOTIF.comPT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk sementara ini menghentikan produksi selama seminggu penuh, dari 26 Mei-1 Juni 2014. Penghentian produksi secara sementara ini dilakukan bukan karena terjadinya masalah, namun dalam rangka Perawatan berkala. “Pabrik kami memang lagi overhaul untuk perawatan, sekaligus tanggal merah yang berdekatan dalam sepekan membuat kinerja pabrik tidak efektif,” jelas Bob Azam selaku Kepala Hubungan Eksternal TMMIN di Jakarta.

Penghentian produksi pabrik ini dilakukan untuk semua fasilitas TMMIN I dan II di Karawang, Jawa Barat. Kegiatan produksi di pabrik tidak dapat fleksibel untuk mengikuti hari libur ang ada pada kalender pada bulan Mei 2014. Ketika para pekerja libur dan dan aktifitas produksi berhenti, butuh proses sampai produksi dapat kembali normal. “Penghentian sementara juga dilakukan untuk perawatan, ini tahap pertama. Selanjutnya, perawatan akan kami lakukan menjelang libur lebaran,” kata Bob.

Tapi, melihat kondisi stok unit dari Toyota yang saat ini sedang menumpuk, proses penghentian produksi ini bisa juga meringankan beban ATPM. Suparno Djasmin selaku Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), pernah berkata bahwa level stok Toyota saat ini tingkat lebih tinggi dari pada tahun lalu. Dan dari info yang didapat, level stok Toyota saat ini berada di level 1,6 bulan, cukup besar dari dua tahun lalu yang rata-rata berada di level di bawah satu bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here