IOTOMOTIF.com – Suzuki mengaku bahwa mereka terlambat untuk serius memasuki pasar skuter yang sekarang mendominasi penjualan sepeda motor di Indonesia. Dan sekarang Suzuki secara eksplisit mengatakan akan serius untuk memasuki segmen skuter di tanah air. Memang di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir penjualan Suzuki tidak begitu bagus bila dibandingkan dengan penjualan merek asal Jepang lainnya. Dalam empat bulan pertama 2014 sendiripenjualan mereka terus jatuh setiap bulannya.

Pada Januari 2014 mereka mampu menjual sepeda motor sebanyak 30.012 unit, angka itu turun pada bulan Februari menjadi 25.900 unit. Penurunan kemudian terus terjadi ketikahanya 25.162 unit terjual di bulan Maret.Dan pada bulan April, penjualan Suzuki terus menurun dengan angka penjualan hanya 23.019 unit. Dengan demikian, total sudah 106.093 unit yangdijual Suzuki dalam 4 bulan pertama pada tahun 2014 atau 3,90 persen dari total pasar sepeda motor di tanah air.

Endro Nugroho selaku 2W Marketing Division Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga mengakui bahwa salah satu kelemahan mereka ada di sektorskuter. Suzuki tidak begitu masuk ke dalam sektor skuter padahal pasar skuter adalah pasar terbesar di Indonesia saat ini dengan pertumbuhan yang konsisten. Menurut Endro Suzuki akan memfokuskan diri untuk membenahi sektor skuter. Suzuki ingin menikmatipertumbuhan model skuter yang sekarang sedang terjadi.

Dan salah satu kabar mengatakan bahwa Suzuki saat ini tengah mempersiapkan skuter baru untuk menenami Suzuki Nex. Hal ini senada dengan pernyataan Endro yang mengatakan “Dalam waktu yang tidak lama, kami ingin mendorong kelas skutik. Saya hanya bisa berucap: sabar. Tidak akan lama lagi,” katanya.

Baca  Harga Mazda CX-5 2015 Terbaru