Tips Modifikasi Knalpot Custom, Naikkan Tenaga Sampai 2 PS

knalpot custom

Jakarta, Iotomotif – Anda kurang puas dengan suara yang dihasilkan atau bahkan performa yang dihasilkan knalpot sepeda motor anda standar ?? jangan khawatir anda bisa menggantinya dengan versi terbaru yaitu custom. Ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan ada beberapa tahapan dan teori yang harus dipelajari dulu, agar performa dan estetikanya tetap terjaga. Berikut tips pemasangannya :

Paling mudah dan simple, yaitu menyesuaikan besaran kapasitas (CC) mesin dengan diameter lubang knalpot custom. Example: bebek 100 cc, diameter knalpot tidak boleh lebih dari 1,25 inci. Dan untuk jenis sport 150 cc maksimal itu 1,5 inci. Jika berkapasitas 250 cc, diameter lubangnya cocok 2 inci. Mengapa diameter lubang sangat diperhatikan ? supaya suara dan performa motor anda lebih bagus.

Tidak hanya diameter lubang yang diperhatikan, saringan knalpot juga sangat menentukan suara dan performa motor. Jika terdapat benjolan nafas akan lebih panjang (torsi kecil, nafas panjang). Sebenarnya jika saringan yang polos sesuai dengan diameter lubang, motor akan memiliki tenaga yang besar tetapi akan menghasilkan nafas yang pendek.

Suara yang dihasilkan bergantung pada bahan dan ketebalan glasswool. Semakin padat dan bahannya berkualitas, suara akan semakin bulat dan berisik. Tetapi suara yang tarlalu bising akan mengganggu orang lain dan akan ditindak tegas. Batas kebisingannya 80-175 cc adalah 83 Db, sedangkan motor diatas 175 cc adalah 80 Db.

Jika anda terlalu khawatir menimbulkan dampak yang tidak bagus pada mesin, anda bisa memainkan pilot jet, spuyer, atau stelan lainnya di bagian karburator. Tetapi pada umumnya, stelan ini jarang bahkan tidak pernah digunakan karena efek negatif yang dihasilkan dari knalpot custom tidak begitu signifikan untuk mesin.

Perhatikan juga panjangnya leher angsa. Ada hitungan khusus dengan spesifikasi mesin. Jika terlalu panjang, mesin akan cepat panas. Jika kependekan, tenaganya jadi berkurang.

Dengan perhitungan yang benar dan pas, knalpot custom biasanya mampu mendongkrak tenaga 1 PS, dan bisa didapat pada RPM lebih rendah. Yang artinya akselerasi bertambah, tanpa harus di stel ulang karburatornya. Kalau disertakan sedikit stelan, tenaga bisa naik dua kali lipat. Tetap jika ditambahkan porting cylinder head dan memainkan noken as, akan lebih banyak tenaga yang menyembur keluar. Demikianlah beberapa tips pemasangan knalpot custom, selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here