Nokia Terjun ke Bisnis Teknologi Mobil

IOTOMOTIF.com – Belum lama ini salah satu perusahaan pembuat ponsel terkemuka di dunia, Nokia menyelesaikan penjualan unit ponselnya ke Microsoft. Dan sekarang mereka mencari bisnis baru untuk ditekuni, yang mungkin akan membuat jaringan komunikasi antar kendaraan, peta dan teknologi canggi lainnya.

Seperti yang dilansir BBC News, perusahaan asal Finlandia tersebut telah menginvestasikan dana sebesar $100 juta atau setara dengan Rp 1,153 trilliun dalam teknologi cerdas untuk kendaraan. “Kendaraan menjadi platform baru untuk adopsi teknologi, mirip dengan ponsel atau tablet,” kata Paul Asel dari Nokia Growth Partners, dalam sebuah pernyataan yang diperoleh oleh BBC.

Teknologi kendaraan-ke-kendaraan tampaknya akan menjadi terobosan besar berikutnya untuk mobil, memungkinkan kendaraan untuk berkomunikasi satu sama lain dan berbagi data tentang lokasi mereka dan kecepatan berkendara. Ini akan memungkinkan mobil untuk mengetahui jika ada bahaya di sekitar sudut jalanan sebelum pengemudi bisa melihatnya. Dua lembaga di Amerika Serikat, Department of Transportation dan National Highway Traffic Safety Administration mendorong teknologi tersebut menjadi teknologi standar untuk kendaraan.

Nokia telah membuat beberapa tawaran untuk pasar otomotif. Beberapa tahun yang lalumereka berusaha untuk meluncurkan Terminal Mode. Sistem operasi yang akan memungkinkan mobil Anda untuk menggunakan aplikasi dan fitur dari telepon, mirip dengan Apple iOS dalam sistem mobil. Namun, solusi Nokia tidak pernah melepas. Namun solusi cerdas dari Nokia ini tidak pernah meluncur.

Ini adalah salah satu bidang bisnis yang sudah banyak ditekuni oleh perusahaan-perusahaan lainnya. Seperti Intel yang berinvestasi $100 juta pada tahun 2012 untuk mengembangkan system kendaraan ke kendaraan, kendaraan ke smartphone, dan kendaraan ke infrastruktur dan teknologi untuk kendaraan lainnya. Kita lihat saja nanti apakah Nokia dapat bertahan di bisnis barunya ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here