Nokia Terjun ke Dunia Industri Otomotif

IOTOMOTIF.com – Manuver Google yang mencoba untuk masuk kedalam dunia industri otomotif dan dapat menjadikan teknologi mobil lebih cerdas di masa yang akan datang ternyata mengusik dan menggoda perusahaan ponsel raksasa asal Finlandia, Nokia OYJ untuk ikut masuk. Selain itu, Nokia juga dikabarkan sudah menyiapkan dana investasi sebesar 100 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 1,15 triliun untuk dapat terjun dalam industri otomotif, demikian seperti yang dilansir oleh Bloomberg. Nokia juga akan mengumumkan rencananya tersebut dalam Global Mobile Internet Conference yang akan digelar di Beijing, hari ini, Selasa (6/5/2014).

Untuk dapat mengembangkan teknologi cerdas pada mobil, Nokia pun siap menggandeng miliarder Elon Musk dan Google Inc. Dana tersebut dikelola dibawah perusahaan baru Nokia yang sumbernya berasal dari anak perusahaan Nokia, yakni Nokia Growth Partners yang saat ini mengelola dana sekitar 700 juta dollar AS.

Nokia memutuskan untuk masuk ke teknologi cerdas dengan unit usaha yang bergerak di bidang peta mobile ini setelah sebelumnya menjual unit ponsel ke Microsoft Corp pada bulan lalu. Jumlahnya pun cukup besar, yakni mencapai 7,5 miliar dollar AS atau Tp 86,7 triliun.

“Kami melihat inovasi yang terjadi di seluruh ekosistem otomatis melalui kombinasi mobilitas dan internet,” sebut Paul Asel, seorang partner dari joint venture Nokia. Paul juga mengatakan, bahwa kini mobil benar-benar menjadi sebuah platform seperti ketika handset mobile menjadi smartphone dan semua aplikasi dan layanan akan dikembangkan ke arah itu.

Dengan modal tersebut, Nokia akan memperkenalkan teknologi sistem nabigasi cerdas di dashboard mobil dengan menambahkan fitur-fitur canggih seperti informasi lalu lintas terkini dan panggilan otomatis untuk layanan darurat jika terjadi kecelakaan. Termasuk didalamnya adalah mobil jalan sendiri seperti yang saat ini sedang dikembangkan oleh beberapa produsen mobil dunia, diantaranya adalah Nissan, Toyota dan Ford.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here