Home » News » Headlines » Yamaha Vixion dan R15, Apa Bedanya
Headlines Nasional

Yamaha Vixion dan R15, Apa Bedanya

IOTOMOTIF.com – Perhatian pengguna roda di Indonesia benar-benar terkuras. Hal ini dikarenakan Yamaha meluncurkan motor sport baru, Yamaha R15 pada hari Rabu, 23 April 2014 kemarin. Motor sport Yamaha R15 ini memang menjadi hot topic di berbagai media.

Motor berfairing ini kental dengan nuansa sport khas Yamaha, walau terbilang terlambat 6 tahun untuk pasar Indonesia, mengingat motor yang sudah versi 2 ini diluncurkan di pasar India sejak tahun 2008 yang lali. Sejak dibukanya inden online Yamaha R15 pada tanggal 15 April 2014 yang lalu, kuota yang tersedia sebanyak 1.500 unit ludes hanya dalam tempo kurang dari 1×23 jam.

“Alhamdulillah dan cukup surprise. Animo masyarakat begitu tinggi kepada R15. Mohon maaf untuk konsumen yang belum dapat,” respon Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia. Dan yang belum kebagian, jangan kuatir, “Kami lagi pikirkan untuk bisa buka kesempatan kedua. Menunggu kesiapan produk dulu,” jawab Eko Prabowo.

Apa sih yang membuat masyarakat Indonesia begitu antusias boyong motor sport Yamaha R15? Padahal basis mesin secara garis besar tidak ada perbedaan berarti dengan Yamaha V-Ixion yang dilansir akhir tahun lalu. Sosok motor kelas sport tulen yang tertanam di benak masyarakat Indonesia adalah fairing. “R15 ber-fairing sementara New V-Ixion adalah naked bike” ujar Eko Prabowo singkat.

Dari segi penampilan, Yamaha R15 telah dibekali dengan lengan ayun model baru dari bahan aluminium. Bukan sekedar kotak atau dikamuflase dengan pelindung rantau merangkap pelindung cipratan ban belakang. Tail lights telah menggunakan model LED yang fresh dipadu dengan mika bening. Panel spidometer telah mengusung model digital.

Pada dimensi, Yamaha R15 memiliki dimensi panjang 1.975 mm, lebar 660 mm tinggi 1.070 mm, sumbu road 1.345 mm, jarak ke tanah 160 mm, tinggi tempat duduk 800 mm dan berat 136 kg. Sedangkan pada New V-ixion memiliki dimensi panjang 2.010 mm, lebar 705 mm tinggi 1.030 mm, sumbu road 1.300 mm, jarak ke tanah 165 mm, tinggi tempat duduk 790 mm dan berat 129 kg.

Soal spesifikasi mesin, Yamaha YZF R15, tidak jauh berbeda dengan Yamaha Nex V-ixion atau yang sering disebut dengan Yamaha V-Ixion Lightning. Yamaha R15 menggunakan mesin berkapasitas 150 cc, 6 percepatan, pendingin cairan, 4 katup, juga dilengkapi dengan fitur speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), teknologi DiASil cylinder, forged piston, injeksi bahan bakar dan low traction technology. Perbedaan dengan Yamaha V-Ixion adalah pada motor ini menggunakan transmisi 5 percepatan dan dengan ECU yang berbeda. “Bentuknya sama persis dengan Yamaha R15 dari India. Walaupun ada perubahan di sektor mesin, paling hanya sedikit,” tutur Hermanu Kusbandono, mekanik HKU Racing Motorsport, Surabaya.

Hermanu sudah beberapa kali mengekspor piggy back merek Speedsparks ke India. Dimana pesanannya untuk Yamaha R15. “Mesinnya sama dengan V-Ixion. Hanya ada perbedaan di kem. Demikian pula dengan ECU-nya. Dulu waktu kirim piggy back sempat tidak bisa dipasang. Karena ternyata pin ECU berjumlah 33. Padahal waktu itu New V-Ixion belum ada. Eh ternyata sekarang New V-Ixion juga memakai ECU dengan 33 pin. Artinya secara basis engine management system (ECU) memang sama dengan New V-Ixion” lanjutnya.

Yang paling mencolok soal spesifikasi antara New V-Ixion dan Yamaha R15 adalah soal transmisi. Jika V-Ixion masih mengandalkan 5 percepatan, Yamaha R15 sudah mengadopsi persneling close ration 6 percepatan. “Saya sudah pasang persneling 6 speed milik R15 ke Yamaha V-Ixion. Sama persis, tidak banyak ubahan,” sebutnya.









Get a weekly email with best free content
Subscribe