Home » News » Nasional » Pilih mana, Yamaha R15, Honda CBR 150R atau Kawasaki Ninja RR Mono?
Comparisons Nasional

Pilih mana, Yamaha R15, Honda CBR 150R atau Kawasaki Ninja RR Mono?

IOTOMOTIF.com – Persaingan motor sport di Indonesia semakin ketat khususnya pada segmen 150cc. Pada awal tahun ini sudah beberapa model baru yang meluncur di tanah air, seperti Yamaha R15 yang akan meluncur secara resmi pada tanggal 23 April 2014 mendatang. Motor tersebut akan bersaing dengan Honda CBR150R yang sudah terlebih dahulu hadir di Indonesia pada segmen motor sport 150cc berfairing. Namun bila untuk masalah harga, Kawasaki Ninja RR Mono yang memiliki kapasitas mesin lebih besar bisa menjadi pesaing dari Honda CBR150R.

Jadi bagi anda yang ingin membeli motor sport baru pilih yang mana? Kami akan menguraikan komparasi perbandingan singkat diantara ketiga motor sport tersebut.

Spesifikasi Mesin dan Performa

Berbicara mengenai spesifikasi, sudah jelas bahwa Kawasaki Ninja RR Mono yang memiliki banderol harga sedikit dibawah Honda CBR150R adalah yang paling unggul. Kawasaki Ninja Mono RR mengusung kapasitas yang lebih besar, 249 cc yang mampu untuk menghasilkan tenaga 28 HP pada putaran 9,700 rpm, sedangkan Honda CBR150R yang memiliki mesin berkapasitasa150 cc memiliki tenaga 17,8 HP pada 10.500 rpm. Dalam segi performa, Yamaha R15 lah yang paling tidak bertenaga, mesin 150 cc yang diusungnya hanya mampu menghasilkan tenaga hingga 16.5 HP pada 8.500 rpm.

Desain dan Body

Kawasaki Ninja RR Mono memiliki berat total 151 kg, Honda CBR150R memiliki berat kosong (tanpa minyak dan bahan bakar) 138 kg, sementara Yamaha R15 adalah yang paling ringan dengan berat 136 kg (sudah termasuk bensin dan minyak).

Tentang jarak antara kursi dan jalan, Kawasaki Ninja RR Mono berjarak 96 cm, Honda CBR150R  85 cm, sementara Yamaha R15 yang terpendek dengan 80 cm.

Dari segi tampilan, Yamaha R15, Honda CBR150R, dan Kawasaki Ninja RR Mono terlihat manis dan memicu adrenalin, mulai dari lampu, fairing, tangki, buritan, dll. Namun beberapa orang menilai ketiga motor memiliki kekurangan yang berbeda-beda. Kawasaki Ninja RR Mono dianggap memiliki jok yang lebih kecil dibandingkan dengan model yang digantikan, Kawasaki Ninja RR 2 tak. Honda CBR 150R memiliki sebuah tangki yang terlalu bulat yang membuat tampilannya tidak setajam kedua motor lainnya. Sedangkan untuk Yamaha R15, dianggap memiliki desain lampu yang dianggap terlalu baik sehingga kerap ditiru oleh produk Cina yang membuat kesan tidak begitu bagus.

Suspensi dan Kenyamanan

Untuk membuat pengendara nyaman, setiap produsen selalu mengembangkan suspensi dari produknya. Dan pada bagian ini, ketiga model menggunakan suspensi yang berbeda. Honda CBR150R menggunakan suspensi belakang monoshock. Di sisi lain untuk suspensi, Kawasaki Ninja RR Mono menggunakan unitrack pada bagian belakang, dan di depan menggunakan suspensi teleskopik. Sementara itu spesifikasi suspensi yang digunakan pada Yamaha R15 masih belum diumumkan, namun karena Yamaha kerap kali menggunakan monocross pada bagian belakang, diperkirakan Yamaha R15 juga akan mendapatkannya.

Servis dan Perawatan

Honda dan Yamaha adalah dua merek motor yang paling laris di Indonesia, dengan bengkel yang sudah tersebar luas di tanah air. Yamaha sendiri juga telah mempersiapkan sebuah pembaruan perangkat diagnosis untuk memeriksa ECU terhadap injeksi.

Sedangkan untuk Kawasaki, banyak yang mengeluhkan merek ini. Terutama tentang ketersediaan suku cadang juga ketersediaan bengkel di tanah air. Kawasaki Indonesia sendiri memang mengakui sedang memperbaiki dalam hal ini.

Harga

Masalah harga, Yamaha R15 yang secara resmi meluncur pada tanggal 23 April mendatang lah yang termurah, dengan banderol harga Rp 28 juta on the road Jakarta.

Sedangkan untuk Honda CBR150R dibanderol dengan harga yang jauh lebih tinggi, mulai RP 41,750 juta untuk versi standar dan dan Rp 42,5 juta untuk Honda CBR 150R Repsol Edition. Sedikit lebih mahal dari banderol harga Kawasaki Ninja RR Mono yang dibanderol dengan harga Rp 39,9 juta.

Namun Honda tengah berusaha untuk menurunkan harga jual dari Honda CBR150R dengan memproduksinya di tanah air, yang direncanakan dimulai pada akhir tahun ini. Berbeda dengan Yamaha R15 dan Kawasaki Ninja RR Mono yang telah diproduksi di dalam negeri yang membuat kedua model tersebut relatif dengan harga tidak begitu tinggi.