Home » Review » Comparisons » Komparasi Sedan Premium E-Class, Chrysler, BMW, Audi
Comparisons

Komparasi Sedan Premium E-Class, Chrysler, BMW, Audi

Pada dunia otomotif produk Jerman memang memang mampu merajai pasar executive saloon di Indonesia, dengan mengusung merek ternama seperti Audi, BMW, dan Mercedes-Benz, Jerman mampu menghipnotis semua publik dengan menjadikan mobil merek tersebut sebagai jaminan kepuasan dan membuat semua publik menutup mata pada merk lain. Kehebatan Jerman dalam memproduksi otomotif telah diakui sehingga membuat dunia otomotif Amerika takhluk pada Jerman, dan berhasil mengalahkan citra produk Amerika Serikat seperti Chrysler, Ford, GM, termasuk pada segmen mobil mewah dunia termasuk Indonesia padahal Chrysler yang merupakan merek asal Amerika ini sempat mengalami kejayaan namun kemudian tenggelam dan kembali hadir dengan Chrysler 300C. Pertarungan mobil antara Benua Biru dan Negara Paman Sam cukup ketat dengan lawan yang sama-sama tangguh dan menghadirkan nilai lebih sendiri- sendiri. Kali ini iotomotif akan mengulas komparasi premium sedan Indonesia yang tertinggi di kelasnya antara Mercedes-Benz E-Class, Chrysler 300C, BMW Seri-5 535i, dan Audi A6 S-Line.

Mesin dan Teknologi

Berbekal mesin V6 3,5 liter SOHC, Chrysler 300C mampu menghasilkan tenaga sebesar 249 hp pada 6.400 rpm dengan lecutan torsi yang mencapai 340 Nm pada 4.000 rpm yang disandingkan dengan trasmisi otomatis 5-speed dengan manual mode yang suspensinya berkualitascukup baik saat bermanufer dengan kecepatan tinggi dan melaju di jalan bergelombang, serta telah memakai sistem direct steer yang membuat kemudinya ringan saat menghadapi kepadatan kota. Dan secara otomatis dapat terasa berat saat melaju lebih cepat, performa pengendaraanya tidak jauh beda dengan Mercedes namun sayang karena dalam akselarasi spontan dan kelincahan Chrysler masih dirasa lambat jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Adapun Audi A6 S-line dipersenjatai oleh mesin V6, 3.604 cc, bensin bertenaga 167 hp pada 4.300-6.000 rpm dan torsi 280 Nm pada 1.800 hingga 4.200 rpm, yang dayanya diteruskan oleh transmisi otomatis 7-speed multitronic dengan penggunaan mode sport membuatnya mampu menempuh akselarasi 0-100 km/jam dalam 8,5 detik, dengan konsumsi bahan bakar yang paling hemat jika dibandingkan dengan yang lainnya (10,1 km/liter).

Lain lagi dengan Mercedes-Benz E300 Avantgarde yang menggendong mesin V6 3,0 liter sehingga menghasilkan tenaga kuda sebesar 231 hp pada 6.000 rpm dan torsi 300 Nm yang terjadi pada putaran 2.500 hingga 5.000 rpm, tenaganya lantas disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 7G-TRONIC sehingga diklaim mampu menempuh akselarasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,5 detik lebih cepat jika dibandingkan dengan Audi A6 dan Chrysler 300C. Dan pemilihan mode sport pu membuat suspensinya menjadi kaku tapi menjadi lebih cepat, dan dengan menganut sistem peredaman suspensi direct control membuatnya mampu melaju dengan baik pada kecepatan rendah, dan saat bermanufer pada kecepatan tinggi peredaman suspensinya menjadi lebih sportif dan mengurangi kelimbungan.

Sedangkan pada BMW 535i telah tersemat mesin 6-silinder twin-turbo 3,0-liter dengan besarnya tenaga yang dihasilkan mencapai 3065 hp pada 5.800 rpm yang dapat melecutkan torsi sebesar 400 Nm pada 1.200 hingga 5.000 rpm yang tenaganya disalurkan via transmisi 8-speed. Dengan berbekalkan tiga mode yakni comfort, sport, dan sport+ membuatnya terasa semakin tangguh dan lincah saat bergerak di keramaian kota maupun saat melakukan perjalanan keluar kota. Dan dengan segala kehebatan dan besarnya tenaga yang dimilikinya membuat BMW 535i ini menjadi bintang dalam pengujian performa.

Interior dan Eksterior

Meskipun sebagai mobil mewah namun Chrysler lebih terkesan simpel dan fungsional, tampilan baru Chrysler 300C tampak kaku dengan grille depan yang besar dan melebar serta kap mesin yang memanjang terllihat lebih menonjol jika dibandingkan dengan rivalnya.

Namun dengan bentuk ukuran besar yang dimilikinya menjadi cerminan sebagai mobil produksi Amerika serikat ruang kaki penumpang brlakang cukup luas, terasa nyaman dan material kabin rapi dalam detail yang berlapis kulit apalagi dengan adanya aplikasi sistem audio premium produk Boston Aukustik yang menambah rasa kenyamanan saat bekendara.

Berbeda dengan Audi A6 desain yang dihaluskan membuatnya terlihat aerodinamis namun terkesan modern dan pada interiornya kabin terlihat rapi dan mengagumkan dengan sosok yang menawan sehingga menjadi nilai plus untuk memikat calon konsumen.

Namun sayang penempatan tombol untuk pengaturan head unit yang terletak di belakang tuas transmisi agak repat saat dioprasikan, sehingga perlu pembiasaan terlebih dahulu.

Dan lain lagi dengan Mercedes–Benz E300 avantgarde dan BMW 535i, pada varian avangarde sedan mewah terlihat lebih sport tapi konservatif dengan dimensi yang paling lebar menawarkan kelegaan interior yang mumpuni, terutama soal ruang pundak lebih terasa nyaman dan lega.

Sedangkan untuk BMW 535i interiornya terlihat mewah dengan balutan kulit khas khas BMW dan posisi duduk yang rendah dari rivalnya dengan bidang pandang yang tetap luas, posisi kursi depan terasa pas seperti memeluk tubuh, dengan guna sebagaui penjaga badan pengemudi agar tidak ikut miring saat berbelok cepat. Serta di lengkapi dengan tombol iDrive yang pengoprasiannya mudah dijangkau membuatnya terlihat sempurna.

Harga dan Varian

Dalam Komparasi Premium Sedan kali ini, yang melibatkan antara Audi A6, Chrysler 300C, Mercedes-Benz E300 dan BMW 535i sama-sama memiliki keunggulan yang memiliki poin tersendiri untuk masing-masing sedan premium tersebut, termasuk fitur, desain dan teknologi. Untuk masalah harga, Mercedes-Benz E300 Avangarde memiliki harga termahal, yaitu sekitar Rp. 1.069 juta, diikuti dengan BMW 535i yang dijual dengan harga Rp1.188 juta, dan Chrysler 300C seharga Rp 980 juta, dan yang paling murah adalah Audi A6 yang dibanderol dengan harga Rp 820 juta.

Setelah membaca ulasan komparasi 4 sedan premium diatas, tentaunya anda dapat mengambil kesimpulan sesuai dengan selera anda, karena keputusan ada di tangan anda. Tetap ikuti berita tentang otomotif indonesia hanya di iotomotif.com.