Review Toyota 86 Sportscoupe

Sudah lama, mobil penumpang produksi Toyota menggunakan sistem penggerak roda depan sehingga lupa pernah memproduksi mobil sport legenda berpenggerak roda belakang seperti Toyota 2000GT, Toyota Supra, Toyota Celica, Toyota Corolla Levin/Sprinter Trueno atau disebut juga AE86.

Kini Toyota kembali menghidupkan kembali mobil sport reinkarnasi dari AE86 yang melegenda, adalah Toyota GT 86, atau di Indonesia di sebut dengan Toyota 86. Toyota 86 menawarkan performa mobil sport yang tidak main-main, dan tentunya dijual dengan harga yang cukup terjangkau untuk kelas mobil sport. Sebagai informasi, Toyota 86 di Jepang, dijual dengan harga sekitar Rp 240 juta sampai Rp 300 jutaan. Dan di Indonesia sendiri mobil sport ini dibanderol dengan harga Rp.

Mesin dan Performa

Toyota 86 menggunakan mesin FA20 Boxer 2.000 cc 16v DOHC dengan 4-silinder segarisyang menghasilkan daya sebesar 147kW pada 6.800 rpm dan torsi maksimum mencapai 205 Nm pada 6.000 rpm. Dengan menggunakan transmisi 6-percepatan manual maupun otomatis, dan tentunya dengan penggerak roda belakang (RWD), Toyota 86 memang sportscar sejati yang menawarkan driving experience layaknya pembalap.

Eksterior dan Interior

Desain eksterior Toyota 86 tampak garang berkat lekukan-lekukan tegas pada kap mesin, lampu utama HID lancip, lampu kabut yang dipadu dengan indikator belok, dan grille depan yang besar pada bumper depan.

Di samping itu, lampu belakang kombinasi LED, lampu mundur di bawah tengah bumper belakang, dan knalpot ganda memberikan kesan mewah sekaligus sporty pada mobil Jepang ini.

Sesuai dengan bagian eksterior yang memancarkan aura sport, bagian interior kabin Toyota 86 terlihat fungsional dan berorientasi pada pengemudi dengan penataan panel-panel instrumen yang mudah dijangkau, meskipun didominasi material plastik, kualitas bahan dan finishing interior sangat rapi.

Dengan kursi balapnya yang berkelir merah dan dibungkus bahan berkualitas tinggi, Toyota 86 mampu menawarkan kenyamanan berkendara bagi 4 penumpang sekaligus. Tempat minuman ganda dekat kursi belakang juga memberikan kenyamanan tambahan bagi penumpang belakang. Selain itu, kapasitas bagasi mobil sport Jepang ini juga cukup luas dan dapat ditingkatkan dengan melipat kursi belakang.

Sementara, bagi pengemudi, transmisi otomatis yang dipadu dengan transmisi manual memberikan kendali lebih saat mengemudikan Toyota 86 ini. Ditambah lagi, jika itu tidak cukup, pengemudi dapat memilih mode mengemudi antara sport, salju, dan VSC sport.

Spesifikasi Toyota 86

Berikut ini spesifikasi lengkap dan dimensi Toyota 86

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here