YOKOHAMA, IOTOMOTIF.com – Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan Motor Company terus berusaha mewujudkan ambisinya untuk memenuhi target penjualan sebanyak 1,5 juta unit mobil listrik andalannya sampai 2016 mendatang. Sayangnya hal tersebut sangat berat, pasalnya sejak resmi diluncurkan pada 2010 lalu hingga tahun ini, mobil listrik Nissan Leaf baru terjual sebanyak 100.000 unit saja. Dengan begitu Nissan masih harus berusaha keras untuk dapat mewujudkan targetnya tersebut.

Wakil Presiden Divisi Bisnis Kendaraan Listrik Global Nissan, Bill Hayes kepada The Wall Street Journal (17/3/2014) mengatakan, bahwa kesempatan untuk memenuhi target masih terbuka lebar. Pasalnya kini semakin banyak negara di dunia yang mulai sadar akan teknologi alternatif karena semakin terbatasnya persediaan minyak di dunia. Namun target yang telah ditetapkan pada 2016 tersebut bisa saja bergeser sedikit lebih lama.

Berbagai usaha pun mulai dilakukan oleh Nissan, seperti mulai menjual Leaf di Korea Selatan yang sekaligus menambah pasar baru secara global. “Kami punya semua alasan kalau target itu bisa dicapai. Kami percaya bisa terwujud lebih cepat dari 2020,” jelas Hayes.

Berbagai strategi pun dicoba oleh Nissan untuk mendongkrak penjualan mobil listrik andalannya tersebut. Salah satunya adalah dengan memangkas harga jual Nissan Leaf dengan menawarkan varian terbarunya. Namun lagi-lagi strategi tersebut belum berjalan dengan baik, hal tersebut dikarenakan konsumen Leaf masih terkonsentrasi di kota-kota besar. Selain itu, beberapa faktor yang menjadi penghambat utama seperti pengisian ulang baterai dan jarak tempuh kendaraan masih menghantui para konsumen.

Di sisi lain, produsen premium asal Jerman, BMW mengaku sudah mengantongi 11.000 unit pesanan pada model terbarunya, yakni i3. Selain itu, meskipun baru mulai dipasarkan Mei 2014 di Amerika Serikat, namun mobil listrik andalan BMW ini sudah mengantongi pesanan sebanyak 1.200 unit di sana.

Baca  Nissan Umumkan Hasil Kinerja Tahun Fiskal 2016

“Penjualan i3 sangat bagus sekarang ini,” jelas Werner Entenmann, salah satu pemilik jaringan penjualan BMW, Autohaus Entenmann, di Esslingen, Jerman. Tiga mobil tes yang disiapkan untuk pengujian konsumen juga sudah berhasil terjual semuanya, hal tersebut menunjukkan animo yang besar terhadap BMW i3, demikian seperti yang dilansir oleh Automobilwoche.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here