MotoGP 2014: Ducati Open atau Factory?

IOTOMOTIF.com – Kurang dari satu minggu musim baru MotoGP 2014 akan digelar, namun masih tidak diketahui peraturan yang manakah yang akan diikuti oleh Ducati. Ducati secara resmi telah melakukan pengajuan untuk berganti kelas dari Factory ke Open class, untuk menghindari semakin ketatnya peraturan pengembangan mesin yang digunakan.

“Kami ingin mengembangkan sepeda kami dan dengan pilihan pabrik kami tidak bisa melakukannya,” General Manager baru Ducati Corse, Gigi Dall’Igna, tengah mencari cara untuk meningkatkan hasil yang dicapai dari tim, dengan musim lalu yang tanpa mendapatkan podium pertama.

Dengan pengembangan mesin musim ini, kelas terbuka (Open Class) mendapatkan keuntungan dengan dapat memiliki bahan bakar yang lebih sebesar 4 liter dalam perlombaan, 12 perubahan mesin dibandingkan dengan 5 perubahan mesin pada kelas pabrikan (Factory Class) dan dengan ban belakang yang lebih lembut.

Honda sendiri menganggap bahwa perubahan peraturan ini ditujukan untuk membantu salah satu tim tertentu. Dan peraturan teknis untuk kelas terbuka hanyalah menggunakan standar ECU software yang disuplai oleh Dorna daripada menggunakan software yang dibuat sendiri.

Namun perangkat lunak tersebut terdapat masalah setelah penggunaan dengan kinerja tinggi, yang dirumorkan menggunakan data dari Ducati, yang membuatnya terlalu rumit untuk digunakan pada motor lain, selain Ducati. Dorna/FIM kemudian mengusulkan kelas Pabrikan 2 (Factory 2 Class), dengan Ducati menjalankan software terbaru dan masih memiliki keuntungan seperti layaknya pada kelas terbuka (Open Class).

“Ducati meminta untuk dimasukkan sebagai Open. Tapi hal tersebut menimbulkan banyak ‘reaksi’, jadi hal tersebut masih dipertimbangkan. Setelah semua pendaftar telah masuk ke panitia Grand Prix komisi,” kata Direktur teknologi MotoGP, Corrado Cecchinelli.

“Usulan dari Dorna/FIM adalah untuk menolak masuknya [Ducati] ke kelas terbuka dan membuat paket teknis baru [Factory 2] untuk memasukkan dalam opsi pabrikan.” Usulan tersebut telah dilakukan sejak selasa yang lalu, namun masih belum ada pengumuman resmi mengenai keputusan final dari Ducati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here