Harga Yamaha YZF-R15 Rp 25 Jutaan?

IOTOMOTIF.com – Melalui pengamatan pada database Dinas Pelayanan Pajak (DPP) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah merilis Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari Yamaha YZF-R15.

Dan seperti yang biasa terjadi, jika nilai DPP sebuah kendaraan memiliki harga yang lebih rendah dengan harga resmi produk. Secara umum, harga akan ditambahkan setelah entri DPP 20-50 persen dari NJKB yang terdaftar. Tidak seperti halnya dengan moge-moge CBU yang masih harus mengalami kenaikan harga karena terkena PPnBM.

Pada DPP DKI Jakarta sendiri kita menemukan kode yang sangat erat – 2PK berhubungan erat dengan Yamaha YZF-R15 di Tanah Air. Di sana disebutkan bahwa NJKB R15 dengan nilai nominal Rp 18.1 juta. Dan jika dilihat NJKB dari New Vixion Lightning (NVL) 17.7 juta yang ‘dirilis’ di pasar dengan harga sekitar Rp 22,5 juta atau mendapatkan tambahan nilai dari sekitar 27 persen.

Dan dengan menggunakan presentase kenaikan harga pada Yamaha New Vixion Lightning (NVL), dengan nilai NJKB R15 , maka motor akan mendapatkan penambahan nilai Rp 4,88 juta, dengan nilai DPP (Rp 18.1 juta) yang dijumlahkan dengan perkiraan kenaikan, maka Yamaha R15 akan memiliki banderol harga sekitar Rp 22,98 juta.

Masalahnya adalah bahwa R15 dan New Vixion Lightning sendiri berada dalam kelas yang berbeda. Dengan begini teori perkiraan harga dengan presentase kenaikan harga Vixion agak sulit untuk diterapkan pada R15, yang terlihat agak terlalu rendah. R15 sendiri mungkin akan dibanderol sekitar Rp 25 juta.

Namun, harus digarisbawahi bahwa saat ini tidak ada konfirmasi resmi dari YIMM tentang posisi harga R15. Sehingga gambaran di atas adalah hanya untuk membantu bikers semua untuk setidaknya memperkirakan harga Yamaha YZF-R15 di Indonesia. Kita tunggu saja peluncurannya, berapa harga yang akan ditetapkan Yamaha Indonesia untuk YZF-R15.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here