Toyota i-ROAD, Solusi Kendaraan Masa Depan

Kendaraan sebagai alat transportasi merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang berpengaruh dalam kehidupan manusia untuk menunjang kehidupannya sebagai makhluk sosial. Saat ini kemajuan teknologi alat transportasi dari beragam jenis khususnya jenis transportasi darat menjadi permasalahan tersendiri terutama di kota besar seperti Jakarta.

toyota-i-road-concept-5 Perkembangan jumlah kendaraan tidak diimbangi dengan infrastruktur atau bisa dibilang perkembangan infrastruktur tidak dapat mengimbangi laju jumlah kendaraan di Jakarta yang berdampak dalam berbagai hal, mulai dari kemacetan hingga polusi udara yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Berbagai kebijakan dari pemerintah dijalankan untuk mengurangi kemacetan ini, seperti anjuran penggunaan transportasi masal. Namun nyatanya masyarakat lebih suka menggunakan kendaraan pribari. Untuk itu dibutuhkan suatu konsep kendaraan pribadi masa depan yang memiliki dimensi kompak sehingga tidak terlalu banyak memakan tempat dan ramah terhadap lingkungan. Toyota sebagai salah satu pemimpin industri otomotif dunia menawarkan solusi kendaraan perkotaan, yaitu Toyota i-ROAD.

toyota-i-road-concept-4Toyota i-Road merupakan kendaraan listrik (tidak menghasilkan emisi) beroda tiga yang menggabungkan konsep dari mobil dan sepeda motor sebagai kendaraan pribadi. Dimensi i-Road yang kecil, bila dilihat dari dekat nampak seperti sepeda motor, mirip seperti bajaj namun dengan desain yang modern dan futuristik. Dengan bodi mungil, i-Road memiliki dimensi panjang 2.350 mm, tinggi 1.445 mm, lebar 850 mm, dan jarak sumbu roda 1.700 mm, serta berat kurang dari 300 kg. Bahkan lebar i-Road diklaim tidak lebih dari sepeda motor.

toyota-i-road-concept-11Sebagai kendaraan listrik yang ramah lingkungan, Toyota i-ROAD dilengkapi dengan motor listrik dan baterai lithium-ion yang mampu menghasilkan tenaga penggerak sebesar 2KW. Dengan motor listrik tersebut, i-ROAD mampu menempuh jarak jelajah hingga 48,2 km dengan kecepatan maksimal 45 km/jam dan lama waktu pengisian baterai selama tiga jam dengan menggunakan suplai listrik rumah tangga, namun lebih cepat bila menggunakan suplai listrik khusus untuk pengisian tenaga kendaraan listrik.

toyota-i-road-concept-14Tidak hanya itu, Toyota i-ROAD juga dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih seperti Active Lean System yang berfungsi untuk menjaga kestabilan saat melakukan manuver dijalanan. i-Road menggabungkan kemudahan pengendalian sepeda motor dengan kenyamanan dan kestabilan sebuah mobil, memberi sensasi tersendiri bagi pengendara seakan menyatu dengan kendaraan. Melakukan perjalanan jarak dekat seperti ke kantor, ke mall atau mengunjungi teman lebih menyenangkan dan lancar dengan menggunakan i-ROAD. Dengan dimensinya yang kecil, sehingga lebih mudah saat diparkir dan tidak terlalu banyak memakan lahan saat diparkir.

Melihat keunggulan dan kelebihan Toyota i-ROAD, tentunya kendaraan listrik perkotaan besutan dari Toyota ini sangat cocok bila diaplikasikan di kota besar di Indonesia seperti Jakarta. Dengan kendaraan ini, kemacetan dapat dikurangi secara drastis sekaligus lingkungan yang lebih bersih dan bersahabat dengan manusia karena berkurangnya polusi udara dengan penggunaan kendaraan listrik.

This is a sponsored conversation written by me on behalf of Toyota. The opinions and text are all mine.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here