Sedan Terbaru Jaguar XE Siap Bertarung dengan BMW Seri 3 dan Mercy C Class

GENEVA, IOTOMOTIF.com – Produsen mobil sport asal Inggris, Jaguar akhirnya resmi mengumumkan mobil sedan terbarunya, yakni Jaguar XE. Rencananya sedan terbaru Jaguar ini siap diluncurkan dalam beberapa bulan kedepan dan akan diposisikan sebagai sedan segmen premium menengah. Dengan begitu, maka XE akan langsung bersaing dengan BMW Seri 3, Mercedes-Benz C Class dan Lexus IS.

Jaguar juga mengklaim bahwa mobil sedan terbarunya ini akan hadir dengan mengusung teknologi yang lebih canggih jika dibandingkan dengan para rivalnya. Salah satunya adalah penggunaan sasis monokok alumunium yang disematkan oleh Jaguar pada XE. Jaguar juga mengklaim bahwa XE juga akan menjadi sedan premium menengah yang efisien, mewah dan advance.

Hadir dengan dibekali mesin baru berbahan bakar bensin atau solar berkapasitas 2.000 cc plus turbocharger, membuat sedan baru Jaguar ini memiliki tenaga yang lebih powerfull dan diklaim mampu melesat hingga kecepatan 300 km/jam. Selain itu, XE juga memiliki emisi gas buang yang sangat rendah, yakni hanya 100 g/km CO2. Jaguar XE juga memiliki versi terkencang seperti para rivalnya, BMW M3 ataupun Mercedes-Benz C Class AMG yang bernama XER.

CEO Jaguar Land Rover, Ralf Speth dalam ajang Geneva Motor Show 2014, (4/3/2014), juga menjelaskan, bahwa jantung pacu XE yang dikembangkan di Engine Manufacturing Centre, Inggris tersebut akan menjadi mesin yang hadir dengan bobot yang ringan, rendah friksi dan emisi dengan konfigurasi 4-silinder.

”Mesin baru itu akan dipakai di semua sedan medium Jaguar terbaru. Sedan yang dinamai XE itu akan mulai masuk jalur produksi akhir tahun ini. Spesifikasi lengkap akan kami susulkan, dan secara global Jaguar XE akan dijual pertengahan 2015,” jelas Speth.

Sayangnya versi prototipe XE juga masih disimpan dan belum dipamerkan di ajang Geneva Motor Show 2014. Penasaran dengan sedan baru Jaguar ini? Simak video teaser resminya di bawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here