Mengintip Spesifikasi Yamaha MT-07 yang Segera Mengaspal di Indonesia

JAKARTA, IOTOMOTIF.com – Seperti yang sebelumnya kami informasikan, bahwa produsen sepeda motor Yamaha memang tengah menyiapkan dua moge andalannya untuk pasar Indonesia. Yamaha juga memastikan akan menghadirkan dua moge terbarunya yang akan hadir dengan mengusung model sport dan dual purpose. Nah, dari bocoran yang kami dapatkan, moge sport terbaru Yamaha tersebut adalah Yamaha MT-07. Penasaran? yuk mari kita intip spesifikasi Yamaha MT-07 yang akan segera mengaspal di Tanah Air ini.

Moge sport terbaru Yamaha yang hadir dengan mengusung jantung pacu berkapasitas 698 cc dua silinder ini pertama kali diperkenalkan pada publik di ajang EICMA 2013 di Milan, Italia. Moge baru Yamaha MT-07 ini juga hadir dengan dimensi dan spesifikasi yang siap menggoyang dominasi Kawasaki ER-6n di pasar moge menengah Tanah Air.

Kapasitas jantung pacu MT-07 ini sebenarnya sangat dekat dengan jantung pacu MT-09 yang hadir dengan menggendong mesin berkapasitas 850 cc tiga silinder. Namun secara konsep moge sport terbaru Yamaha ini memang dibuat lebih sederhana yang membuatnya hadir dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan MT-09.

Dirancang khusus untuk hadir dengan harga yang lebih terjangkau, tentunya membuat Yamaha MT-07 hadir dengan beberapa perbedaan. Seperti pada rangkanya yang hadir dengan besi tubular bukan menggunakan alumunium die cast seperti yang disematkan Yamaha pada MT-09. Kaki-kaki MT-07 juga masih mengandalkan sokbraker depan teleskopik konvensional belum menggunakan model upside down.

Namun untuk urusan penampilan, Yamaha MT-07 dijamin sangat menarik dengan desainnya yang futuristik. Hal tersebut seperti yang terlihat pada bagian ekor belakangnya yang hadir dengan desain mirip dengan YZF-R6 yang meruncing dan sporty. Tampilan sporty juga diperlihatkan oleh penggunaan pelek palang 10. Selain itu, MT-07 juga sudah dibekali dengan sistem pengereman ABS.

Jantung pacu Yamaha MT-07 juga dirancang secara khusus untuk dapat menawarkan dan mengedepankan performa yang terbaik. Jantung pacu dua silinder moge sport terbaru Yamaha ini dibuat dengan filosofi “crossplane” 270-degree crank. Jantung pacu MT-07 ini juga diklaim mampu menyemburkan tenaga dengan halus dan tetap powerfull. Tenaga maksimal jantung pacu MT-07 ini mencapai 73.8 tenaga kuda, cukup besar untuk mesin kecil dua silinder.

Nah, semakin penasaran kan sama moge sport terbaru Yamaha ini? Kira-kira kapan ya resmi dilaunching di Indonesia? “Untuk peluncurannya direncanakan habis Hari Raya Lebaran,” jelas Eko Prabowo, GM Promotion & Community Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Spesifikasi Yamaha MT-07 :

Engine type : liquid-cooled
Displacement : 689 cm³
Bore x stroke : 80.0 mm x 68.6 mm
Compression ratio : 11.5 : 1
Maximum power : 55.0 kW (74.8PS) @ 9,000 rpm
Maximum Torque : 68.0 Nm (6.9 kg-m) @ 6,500 rpm
Lubrication system : Wet sump
Carburettor : Fuel Injection
Clutch Type : Wet
Ignition system : TCI
Starter system : Electric
Transmission system : Constant Mesh
Final transmission : Chain
Frame : Diamond
Front suspension system : Telescopic forks
Front travel : 130 mm
Caster Angle : 24º
Trail : 90 mm
Rear suspension system : Swingarm
Rear Travel : 130 mm
Front brake : Hydraulic dual disc, Ø 282 mm
Rear brake : Hydraulic single disc, Ø 245 mm
Front tyre : 120/70 ZR 17M/C(58W) (Tubeless)
Rear tyre : 180/55 ZR 17M/C(73W) (Tubeless)
Overall length : 2,085 mm
Overall width : 745 mm
Overall height : 1,090 mm
Seat height : 805 mm
Wheel base : 1,400 mm
Minimum ground clearance : 140 mm
Wet weight (including full oil  and fuel tank) : 179 kg / ABS 182 kg
Fuel tank capacity :  14 L
Oil tank capacity : 3.0 L

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here