Home » Review » Comparisons » Komparasi Ford Fiesta S Sedan VS Mazda2 R Sedan
Comparisons

Komparasi Ford Fiesta S Sedan VS Mazda2 R Sedan

Saat ini, mobil jenis hatchback lebih banyak disukai dari pada mobil jenis sedan, sehingga tidak sedikit mobil-mobil di Indonesia yang lebih dulu mengeluarkan versi hatchback, dan setelah tanggapan pasar terlihat menguntungkan, barulah dikeluarkan versi sedan.

Langkah tersebut juga dilakukan oleh banyak ATPM di Indonesia, sebut saja Ford dengan Fiesta Sedan dan Mazda dengan Mazda2 Sedan. Kali ini iotomotif akan membandingkan antara 2 jenis sedan kompak yaitu Ford Fiesta S Sedan dan Mazda Mazda2 R Sedan.

Ford Fiesta Sedan

Jika dilihat secara sekilas, Fiesta Sedan tampak serupa dengan Mazda2 sedan, tidak mengherankan karena kedua mobil tersebut menggunakan platform yang sama, sehingga tampak kembar.

Dilihat dari desain bodi, Fiesta sedan tampak memiliki aura yang dinamis dan stylish, hal ini terlihat dari pertegasan garis atap yang melandai dengan sisi bagian belakang yang lebih tinggi. Tampilan Fiesta sedan cukup menarik, dengan kesan American-Car yang terpancar dari desain bodinya.

Dalam ruang dalam kabin, aura stylish pun terpancar dalam eksteriornya. Desain dashboard yang tampak modern dan futuristik dengan tatanan tombol fungsional dan mudah dioperasikan. Seluruh bagian kursi dipalisi kulit berwarna hitam yang menguatkan kesan elegan.

Posisi mengemudi Fiesta Sedan cukup nyaman, pengemudi mendapatkan visibilitas yang baik ke arah depan, samping maupun belakang, sayangnya untuk penumpang bagian belakang, ruangan terkesan sempit, hal ini dapat dimaklumi karena Fiesta Sedan termasuk dalam kategori Compact-Sedan. Selain itu, fitur-fitur yang ada pada Ford Fiesta Sedan sangat lengkap dan mengasyikkan saat berkendara. Fasilitas dan fitu pendukung ini seerti sistem audio yang dapat terintegrasi dengan USB, AUX-IN, Bluetooth, dan Fitur andalan Voice Command. Fitur keselamatan pun cukup lengkap, yaitu dengan adanya ABS+ABD, EPS, ESP, Dual-Airbags, MID dan sensor parkir.

Fiesta Sedan menggunakan mesin berkapasitas 1.596 cc, 4-silinder Ti-VCT yang menghasilkan tenaga sebesar 120hp (tenaga kuda) pada putaran 6000 rpm. Penggunaan teknologi transmisi kopling ganda dengan 6-percepatan mampu memberi tenaga tambahan saat fiesta sedan berakselerasi.

Pada tes performa Fiesta Sedan, mobil ini menempun jarak 0-100 km/jam dalam waktu 13,50 detik. dengan penggunaan bahan bakar Pertamax dengan ecosave technology-nya.

Handling dan pengendalian Fiesta Sedan cukup baik, dengan melakukan manuver tajam,walaupun gejala understeer sedikit terasa, namun bukan masalah yang besar karena Ford Fiesta Sedan sudah didukung dengan ditur kontrol stabilitas dan kontrol traksi.

Keunggulan (+) :Fitur Berlimpah; Transmisi Canggih

Kelemahan (-) : Kabin ; Noise

Mazda Mazda2 Sedan

Mazda2 Sedan hadir dengan desain yang sporty dan banyak disukai oleh masyarakat, khususnya segmen remaja. Hal ini terbukti dengan penerimaan pasar yang cukup baik pada penjualan Mazda2 Hatchback.

Perbedaan Mazda2 Sedan dengan Mazda2 Hatchback tidak hanya sekedar penambahan bagasi pada buritan, tetapi perubahan desain hatchback ke desain sedan dibuat dengan memperhatikan unsur desain yang dinamis, dengan pilar c dibuat lebih melandai dari varian hatchback.

Mazda2 Sedan memakai sistem pembeda penggunaan suspensi berdasarkan varian. Untuk varian R, karakter suspensi sedikit lebih keras dibandingkan dengan varian S. meskipun demikian, dirasakan suspensi varian R masih termasuk softuntuk kelas sedan kompak. Mazda2 R Sedan dengan mantap melaju di jalan bebas hambatan tanpa ada gejala melayang, tetapi saat dilakukan manuver tajam, gejala limbung masih sangat terasa.

Gejala limbung ini mungkin muncul karena gound clearence yang agak tinggi. Gejala OverSter juga terasa agak mengganggu ketika di tes dengan manuver cepat. Hal ini memang konsekuensi penambahan bagasi untuk Varian Sedan. walau sudah diminimalisir dengan penggunaan ban ber profil tipis untuk mengurangi efek ban “terlipat”. Mazda2 Sedan merupakan sebuah driving Experience yang cukup baik dengan Varian Sedan R.

Keunggulan (+) : Desain; In Car Entertainment; Lincah; Efisiensi Bahan Bakar

Kelemahan (-) : Sedikit Limbung

Hasil Akhir

Ford Fiesta Sedan lebih unggul dari rival, Mazda2 Sedan dalam hal fitur. Fitur yang tersedia pada Fiesta Sedan Lebih lengkap, selain itu kenyamanan mengemudi juga menjadi nilai tambah khususnya kenyamanan penumpang bagian belakang. Selain itu, pengendalian Fiesta Sedan juga memiliki poin tersendiri karena memberikan handling yang lebih baik.

Mazda2 Sedan kaalah sedikit dari Fiesta Sedan, terutama pada hal fitur, akan tetapi Mazda2 tidak kalah dalam hal kenyamanan berkendara, terlebih lagi poin plus Mazda2 Sedan pada in car entertainment dan keunggulan dalam hal efisiensi konsumsi bahan bakar.

Kompetitor Lain Jenis Compact-Sedan

Honda City S A/T

Toyota Vios G A/T

Peugeot 207 Sedan A/T