Honda Rajai Penjualan Sportbike di Januari 2014

JAKARTA, IOTOMOTIF.com – PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya berhasil menggeser Yamaha setelah sukses menempatkan dirinya di posisi pertama penjualan di segmen sepeda motor sport (sportbike) di Tanah Air. Pada Januari 2014 lalu, AHM berhasil menguasai 46 persen pangsa pasar dengan mencatatkan penjualan sebanyak 32.399 unit.

Menurut data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) pada bulan pertama 2014, penjualan sportbike nasional mencapai 70.938 unit atau mengalami penurunan sebanyak 6 persen jika dibandingkan dengan Januari 2013 dengan penjualan sebanyak 75.418 unit. Dan pada bulan pertama ini juga, AHM justru mencatatkan lonjakan penjualan sebesar 49% jika dibandingkan dengan Januari tahun lalu yang hanya 21.698 unit.

“Pada awal tahun ini secara nasional pasar sepedamotor sedikit mengalami penurunan, termasuk di segmen sportbike. Namun permintaan terhadap sepedamotor sport Honda justru tumbuh positif dibandingkan tahun sebelumnya. Pada bulan lalu, AHM meluncurkan New Honda MegaPro FI dan Honda Verza,” komentar Deputi GM Sales Division AHM Thomas Wijaya.

“Ini adalah awal yang baik bagi bisnis kami di 2014 dengan berhasil memimpin segmen sepedamotor sport di bulan lalu. Kami berharap dapat berlanjut di bulan-bulan berikutnya. Terima kasih kepada masyarakat terutama, para pecinta sportbike.”

Di segmen ini memang AHM memasarkan beberapa model yang menyasar target yang berbeda-beda. Seperti Honda MegaPro FI, Honda CB150R StreetFire, Honda Verza 150, Honda Tiger dan Honda CBR Series.

Pada Januari 2014 ini AHM juga berhasil mencatatkan total penjualan secara keseluruhan sebanyak 367.069 unit atau sekitar 63,26% pangsa pasar dari total penjualan pasar sepeda motor nasional sebanyak 580.288 unit.

Selain berhasil memimpin di segmen sportbike, AHM juga masih mendominasi penjualan di segmen motor bebek dengan pangsa pasar 46,3% setelah sukses mencatatkan penjualan sebanyak 59.023 unit.

AHM juga masih kokoh memimpin di segmen skutik dengan berhasil menguasai hingga 72,2 persen pangsa pasar setelah sukses membukukan penjualan sebanyak 275.647 unit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here