Owner's Guide

Perawatan Pintu Geser Pada Mobil

Mobil yang memiliki pintu geser memang sangat praktis, kita dapat dengan mudah membuka pintu walau di tempat yang sempit sekalipun. Perawatan pintu geser cukup sederhana, namun bukan berarti boleh disepelekan.

Salah satu alasan manufaktur memilih pintu geser (sliding door) untuk MPV yang mereka buat adalah kemudahan akses kabin. Mekanisme pintunya sendiri, bisa secara elektrik atau pun manual. Pintu memiliki rangkaian komponen yang tidak serumit mesin. Namun, seiring pemakaian dan umur, peranti ini juga perlu perawatan.

“Yang terpenting adalah menjaga kebersihan rel dan bearing. Dari beberapa keluhan yang kami terima, penyebab utamanya berasal dari macetnya pintu karena kondisi yang kurang bersih, sehingga berkarat,” jelas Ismail Nugroho, Kepala Bengkel Hyundai Mobil, di Jl. Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan. “Pada dasarnya, pintu dirancang untuk low maintenance. Maka dari itu, perawatannya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri.”

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki mobil berpintu geser sebagai contoh pada Mobil Hyundai H-1, akan tetapi bisa di aplikasikan ke mobil jenis lain yang menggunakan pintu geser seperti Honda Freed, Toyota Alphard, Nissan Serena dan lainnya. Panduan berikut bisa menjaga kondisi pintu geser tetap prima. Sediakan juga cairan pembersih, gemuk, dan kain lap.

  1. Perhatikan kondisi rel. Gunakan lap bersih yang telah disemprot cairan pembersih (pelumas semprot) untuk menghilangkan kotoran dan sisa pelumas.
  2. Setelah rel dibersihkan, olesi rel dengan gemuk (pelumas pasta) yang mengandung parafin (hindari gemuk yang mengandung oli-karena justru akan memudahkan debu menempel).
  3. Maju mundurkan pintu beberapa saat. Bila pintu terdengar gaduh, maka bearing kurang pelumasan.
  4. Bersihkan pula bearing yang kontak dengan rel.
  5. Mekanisme pintu geser dirancang agar mudah tertutup sesaat setelah handle dioperasikan. Jadi, tak perlu banyak tenaga untuk menggerakkannya. Jika terlalu sering dibanting, mekanisme pengait bisa berumur pendek.

Nissan Evalia, MPV Murah Untuk Keluarga

Previous article

Mengintip Suzuki All-New Swift Terbaru di India

Next article

You may also like