IOTOMOTIF.com – Musim hujan yang terjadi pada wilayah Indonesia nyatanya akan membuat jalan menjadi rusak dan berlubang. Pengguna kendaraan bermotor khususnya sepeda motor harus lebih mewaspadai jalan rusak, karena selain berbahaya untuk keselamatan jalan yang rusak dapat menghancurkan komponen motor seperti velg hingga shock breaker.

Saat melintasi jalanan yang rusak atau berlubang, velg akan bekerja lebih ekstra, terutama jika memakai velg racing yang lebih rentan mengalami kerusakan dan lebih berbahaya dibanding velg alumunium atau velg jari-jari.

Pada dasarnya, velg jenis racing dipakai untuk meringankan beban pada motor sehingga tidak memiliki bahan material yang kuat. Selain itu velg racing yang beredar di Indonesia kebanyakan berkualitas kurang baik dan lebih mementingkan penampilan daripada keselamatan.

Seperti yang diungkapkan oleh Mamat, penjual velg motor di Bilangan Otista Jakarta Timur. “Kalau kualitas velg racing yang bagus harganya dipastikan lebih mahal. Kalau kualitasnya tidak bagus, saat musin hujan kemudian terkena lubang, biasanya bisa retak dan penyok,” katanya.

Jika memaksakan memakai velg racing, sebaiknya tekanan angin disesuaikan dengan aturan. “Ban kempes sedikit, terkena lubang langsung berbahaya bagi tulang velg dan laher. Kalau tekanan angin ban terlalu keras, juga bisa berpengaruh ke shock breaker,” tutupnya.

Baca  Skutik Murah, TVS Dazz Resmi Diluncurkan di Indonesia