Persaingan LowMPV: Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Chevrolet Spin

  • Whatsapp

IOTOMOTIF.com – Pilihan mobil jenis low multi purpose vehicle (low-MPV) keluarga tujuh penumpang semakin beragam. Persaingan atar produsen semakin ketat untuk merebut hari calon konsumen.

Tidak heran, karena segmen mobil MPV keluarga 7-penumpang di Indonesia memang cukup besar. Pilihan mobil MPV di Tanah Air pun semakin beragam seperti Honda Mobilio, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin.

Read More

Lihat Juga: Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza

Honda Mobilio

Honda Mobilio menjadi penantang baru kelas low MPV Indonesia, baru saja diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor, mobil ini mendapat sambutan yang positif di masyarakat.

Mobil low MPV terbaru Honda ini dirakit secara lokal di pabrik kedua Honda di Karawang, dilengkapi dengan mesin 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW dengan sistem suplai bahan bakar PGM-FI. Dengan mesin tersebut, Mobilio memiliki tenaga hingga 118 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimum 145Nm pada pada putaran mesin 4.600 rpm.

Honda Mobilio tersedia dalam empat pilihan varian, yaitu Mobilio Tipe S M/T seagai tipe terendah dan termurah, lalu Tipe E M/T, Tipe E CVT dan tipe tertinggi sekaligus termahal, Honda Mobilio Prestige. Untuk harganya, Varian terendah, Tipe S M/T dijual dengan indikasi harga Rp160-an juta sedangkan Tipe E dijual dengan indikasi harga hingga Rp190-an juta. Sementara Mobilio Prestige dibanderol dengan harga jual Rp200 jutaan.

Sebagai pendatang baru, tentunya untuk merebut hati para konsumennya Honda Mobilio dilengkapi dengan berbagai kelebihan dan keunggulan untuk bersaing dengan kompetitornya, dimana mobil ini diklaim memiliki kabin yang luas dan nyaman. Tidak lupa fitur keselamatan berkendara juga disematkan dalam Mobilio, dimana fitur keselamatan standard Mobilio antara lain dual SRS Airbags, rangka G-CON and ACE, pretensioner and load limiter seatbelt serta immbolizer. Pada tipe E, fitur keselamatan ditambah dengan sistem ABS+EBD untuk tipe E CVT, security alarm dan keyless entry.

Suzuki Ertiga

Selanjutnya Suzuki Ertiga yang diluncurkan pertama kali oleh PT Suzuki Indomobil Sales pada tahun 2012 silam menjadi penantang pertama dominasi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di pasar low-MPV Indonesia.

Suzuki Ertiga tersedia dalam tujuh pilihan varian, mulai dari Ertiga GA M/T, GL Double Blower M/T, GL Double Blower A/T, GX Double Blower M/T, GX Double Blower A/T serta Ertiga GX Elegant M/T dan A/T. Dengan harga untuk varian tertinggi dibanderol lebih dari Rp 200 jutaan.

Mobil low MPV Suzuki ini dilengkapi dengan mesin .4L K14B, 4 in-line 16 katup. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 95 ps dengan putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 139Nm dengan putaran mesin 4.000 rpm. Fitur keselamatan yang diusung Suzuki Ertiga terbilang cukup lengkap, mulai dari side impact beam, immobilizer key serta SRS Airbag dan ABS+EBD untuk varian GX dan GX Elegant.

Chevrolet Spin

Hadir sebagai mobil low MPV baru dari Chevrolet yang membawa nama besar General Motors sebagai produk Amerika. Chevrolet Spin diproduksi di pabrik General Motors di Pondok Ungu, Bekasi.

Chevrolet Spin tersedia dalam tiga pilihan mesin yaitu mesin bensin berkapasitas 1.200 cc dan 1.500 cc serta mesin diesel berkapasitas 1.300 cc. Nampaknya Chevrolet Spin menjadi satu-satunya Low-MPV yang tersedia dalam pilihan mesin diesel.

Mesin bensin menggunakan empat silinder sedangkan mesin diesel dengan teknologi common rail direct injection turbo. Mesin diesel Common Rail Direct Injection 1.300 cc dapat menghasilkan tenaga 75 ps dan torsi 190 Nm.

Chevrolet mengklaim Spin sebagai satu-satunya kendaraan di kelasnya yang dilengkapi dengan transmisi otomatis 6-speed serta mesin diesel turbo. Spin hadir dalam tujuh varian mulai dari Chevrolet Spin 1.2 LS M/T, 1.2 LT M/T, 1.5 LT M/T, 1.5 LTZ M/T, 1.5 LTZ A/T, 1.3 LT M/T, 1.3 LTZ M/T. Dilengkapi dengen berbagai fitur keamanan dan keselamatan berkendara lain airbag dan ABS serta immobilizer.

Toyota Avanza

Sebagai pemain lama yang pernah mendominasi pasar low-MPV Indonesia bersama dengan kembarannya, Daihatsu Xenia. Toyota Avanza pertama kalo diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor pada tahun 2013. Hingga usianya ke-10, Avanza sudah terjual hampir 1,1 juta unit dan telah diekspor ke 27 negara sejak tahun 2004. Toyota Avanza hadir dalam beberapa pilihan varian mulai dari All New Toyota Avanza 1.3 E M/T, All New 1.3 E A/T, All New 1.3 G M/T, All New 1.3 G A/T dan All New 1.5 G M/T.

Avanza 1.3 menggunakan mesin K3-VE, 4 silinder, 16 V DOHC VVT-i yang mampu mengeluarkan daya maksimal 92 ps pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimal 11,9kgm pada 4.400 rpm. Demi dapat bersaing dengan kompetitiornya,seluruh varian mobil ini dilengkapi Dual SRS Airbag dan seatbelt with pretensioner and force limiter. Pada varian tertinggi mobil ini dilengkapi kontrol spion elektronik, seatbelt pada baris kedua dan baris ketiga.

Related posts