All-New Toyota Corolla Altis 2014 Indonesia, Pertama di Asia

IOTOMOTIF.com – Mengawali pembuka tahun 2014, PT Toyota Astra Motor (TAM) siap meluncurkan medium-sedan, All-New Corolla Altis model baru 2014 sebagai debut pertamanya di Asia Tenggara pada kuartal pertama tahun ini. Peluncuran akan dilakukan lebih dulu sebelum All-New Yaris, bisa ada bulan Januari atau Februari.

“Yang jelas peluncuran All-New Toyota Corolla Altis 2014 menjadi yang pertama di Asia,” Ucap Widyawati Soedigdo, selaku GM Coorporate Planning and Public Relation PT TAM di Jakarta (17/12) kepada iotomotif. Seperti yang telah kita ketahui, model baru dari sedan All-New Corolla Altis 2014 memiliki dua model berbeda untuk pasar Amerika dan Asia termasuk Eropa. Untuk pasar Asia sendiri, basis produksi dilakukan di Thailand. “Model Corolla Altis Indonesia berbeda dengan versi Amerika.”

Nampaknya Toyota Indonesia memposisikan sedan All-New Corolla Altis 2014 untuk segmen pelanggan yang lebih muda terutama eksekutif muda yang membutuhkan sebuah kendaraan yang elegan, namun sporty dan tidak terlalu besar untuk mobillitas yang aktif. Walaupun belum diketahui lebih detil tentang Corolla Altis yang siap meluncur di Indonesia ini, iotomotif akan memberikan preview sebelum peluncurannya.

Kapasitas Mesin 1.800 cc

Lebih lanjut, untuk spesifikasi mesin yang diusung, PT TAM hanya akan memboyong model mesin berkapasitas 1.800 cc tanpa versi 2.000 cc, hal ini dilakukan karena dikhawatirkan terlalu dekat dan akan memakan pasar Toyota Camry 2.4-liter. Sementara model-model mobil Toyota yang lain masih memakai mesin generasi lama yang masih dipercaya sebagai sumber tenaga, yaitu mesin 2ZR-FE seperti pada Toyota Vios dan Yaris.

Desain Eksterior-Interior Sporti dan Modern

Secara desain, All-New Corolla Altis 2014 ini mengusung bahasa desain baru Toyota, dengan garis tajam dan lekukan yang tegas. Sekilas wajahnya mirip dengan Toyota Avalon atau mungkin lebih mudahnya dapat kita lihat kemiripan desain bagian depan dengan Toyota Vios model baru. Bagian depan mengusung desain lampu (headlamp) tajam dipadu grill membentuk huruf V yadengan garis horisontal berlapis krom terlihat lebih mewah. Bagian buritan terlihat segar dengan sosok yang mirip dengan All-New Camry generasi baru.

Masuk kedalam Interior, kabin All-New Corolla baru terasa mewah dan modern. Paling mencolok pada desain dashboard floating seakan terpisah dengan bagian bawahnya, layaknya mobil-mobil mewah. Tombol audio dan cruise control pada lingkar kemudi terlihat serasi dan mudah untuk dioperasikan. Tampilan panel spidometer didesain menarik dan sederhana, namun tetap terlihat menarik dan mudah untuk dibaca. Tidak lupa berbagai fiur keamanan dan keselamatan berkedara mulai dari rem ABS, EBD dan BA, juga Airbag.

Dimensi Lebih Besar

Medium-sedan Corolla Altis terbaru ini memiliki dimensi yang lebih besar bila dibanding dengan model lama Grand New Corolla Altis yang saat ini beredar, dimana panjang x lebar x tinggi All-New Corolla Altis adalah 4.620 x 1.775 x 1.465 mm, sedangkan model lama 4.540 x 1.760 x 1.465 mm. Tidak hanya dimensi, wheelbase pun dibuat lebih panjang untuk mendapat pengendalian yang lebih baik, yaitu 2.700 mm dari sebelumnya 2.600 mm.

Walaupun pasar sedan di Indonesia saat ini kurang diminati oleh konsumen, namun PT TAM yakin All-New Corolla Altis masih memiliki penggemar fanatik, mengingat sisi historisnya di Tanah Air. “Brand Corolla di Indonesia sudah dianggap sebagai legenda,” tambah Widyawati. Namun untuk kisaran harga, pihaknya masih menyembunyikan angka dari harga jualnya. Yang pasti, calon konsumen sudah dihadapkan pada kenaikan Bea Balik Nama (BBN) yang naik setiap awal tahun. “Karena kita belum tahu BBN-nya berapa, maka harga juga belum bisa diputuskan.” Tutup Widyawati. Untuk informasi lebih lanjut mengenai peluncuran, spesifikasi teknis dan harga jual All-New Toyota Corolla Altis di Indonesia, tetap simak majalah otomotif online, iotomotif.com. Jangan lupa melakukan subscribe untuk mendapat update berita terbaru langsung ke email anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Modifikasi Toyota Alphard Vellfire JDM Lexus oleh Wald

Ini Dia Bocoran Sosok Lexus RC-F!