First Ride: Suzuki Satria F150 Fighter1

IOTOMOTIF.com – Dalam rangka perayaan satu juta unit Suzuki Satria di Tanah Air, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan model terbaru di Bali (2/11/2013) sebagai edisi terbatas (limited edition) yaitu Suzuki Satria F150 Fighter-1.

Suzuki Satria F150 Fighter-1 dijual dengan harga Rp 20,2 juta OTR Jakarta, model edisi spesial ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan anti maling, alarm set dome sticker serta jaket Satria F150 Fighter-1. Hadir dalam dua pilihan warna yang menarik, yaitu warna Hitam dan kombinasi putih-abu abu, dimana pada varian warna hitam terdapat aksesoris berupa stoplamp dengan garnish krom, air scoop garnish chrome, windshield garnish chrome dan lampu utama (headlamp) garnish chrome. Sementara pada varian dengan warna kombinasi putih-abu abu dilengkapi dengan aksesoris stoplamp garnish greym air scoop garnish grey, windshield garnish grey dan headlamp garnish grey.

IOTOMOTIF berkesempatan untuk mencoba mengendarai Suzuki Satria Fighter-1 ini, sekaligus merasakan rute perjalanan di tol Mandara Denpasar, Bali.

Desain

Satria F150 Fighter1 sejatinya hadir sebagai penanda kesuksesan produksi ke-1 juta motor yang dijuluki ‘ayam jago’ ini. Hal tersebut nampak pada desain livery khusus dengan laburan warna hitam dan grafis oranye dengan ornamen dome bertuliskan 1 million. Sebagai pemanis, terdapat aksen warna majesty gold dilabur pada velg, muffler ebdm karter dan kepala silinder. Pada headlamp juga terdapat nuansa warna biru futuristik sebagai pembeda dengan generasi sebelumnya.

Keunggulan dan keistimewaan lain pada Satria Fighter1 ini terlihat pada desain kunci kontak yang mirip dengan kunci Suzuki GSX-R seperti sayap pesawat dimana kunci ini menyatu dengan tombol alarm keamanan.

Performa

Walaupun dalam hal spesifikasi mesin masih mengusung karburator alias belum mengadop[si sistem injeksi, ternyata performa Suzuki Satria F150 Fighter1 masih terasa impresi dan menyenangkan untuk sebuah motor berkapasitas 150cc.

Performa terasa lebih galak saat menyentuh rpm 6.000, Kecepatan maksimal berdasarkan panel meter digital menyentuh angka 128 km/jam, nampaknya masih bisa bersaing dengan Yamaha New V-Ixion atau Honda CB150R.

Motor terbaru andalan Suzuki ini juga terdapat fitur Eco Riding Mode (ERM) yang dapat dengan mudah dioperasikan dengan menekan tombol karet pada sudut kanan panel indikator untuk pemilihan modenya. Terdapat tiga pilihan mode pengendaraan, yaitu Eco, Power (Pwr), dan Normal. Saat memilih mode Eco dan Power akan muncul indikatr pada layar LCD.

Pada mode pengendaraan Eco, lampu peringatan untuk perpindahan gigi (shiftlight) akan menyala pada putaran mesin 4.500 rpm, sementara pada mode Power, shiftligh akan menyala saat motor mencapai torsi puncak pada 8.500 rpm. Fitur ini sama sekali tidak berpengaruh pada sistem pengapian, namun hanya memandu perpindahan gigi mengikuti rpm yang dianjurkan untuk memperoleh performa terbaik. Pada mode Eco pengendara dipandu untuk membatasi putaran mesin maksimal pada 4.500 sehingga diharapkan efisiensi penggunaan bahan bakar akan lebih irit.

Posisi Berkendara

Posisi berkendara Satria F150 Fighter tidak berbeda dengan model sebelumnya. Motor ini dirancang pas dan sesuai dengan pengendara bepostur 160-170 cm. Tester dari tim IOTOMOTIF dengan postur kurang lebih 160 cm merasakan jarak setang, jok dan footstep terasa pas, walaupun posisi berkendara memang agak merunduk.

Saat melakukan pengetesan di jalanan kota Denpasar yang lumayan padar, walau dengan kecepatan rendah motor ini masih enak dan mudah diajak bermanuver. Pada kecepatan tinggi pun pengendalian masih mumpuni, bahkan saat IOTOMOTIF mengajak motor ini bermain di jalan tol Mandala Nusa Dua. Hembusan angin laut yang kencang tidak mengganggu laju kecepatan Fighter1.

Aksesoris Satria F150

Suzuki Satria F150 Fighter1 hadir dengan penambahan beberapa fitur dan aksesoris, seperti fitur alarm set yang memang dibutuhkan para pemilik motor ini, lalu  aksesoris lain seperti garnish chrome / grey dapat dibeli secara terpisah di counter SGA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here