All New Corolla di Indonesia Hanya Bermesin 1.800 cc

JAKARTA, IOTOMOTIF.com – Produsen mobil asal Jepang, Toyota sangat optimis bahwa mobil sedan model terbaru Corolla akan diterima dengan baik di Indonesia. Namun ternyata sedan yang menjadi salah satu sedan terlaris di dunia yang akan diluncurkan di Tanah Air hanya menggendong mesin berkapasitas 1.800 cc saja, dan untuk Corolla 2.000 cc tidak dipasarkan di Indonesia.

“Tidak ada Corolla 2.0 liter. Dulu Corolla pernah menjual mesin 2.0 liter. Tapi agak mepet dengan sedan Camry. Camry ada yang mesin 2.4 liter, orang mending nambah sedikit dan dapat Camry,” kata Widyawati Soedigdo, GM Corporate Planning and Public Relation PT TAM, di Jakarta.

Selain itu, pasar sedan di Indonesia yang semakin hari semakin mengecil dan menjadi faktor pengganjal sedan Corolla 2.0-liter juga membuat pihak Toyota tak mau mengambil resiko dan hanya menawarkan Corolla bermesin 1.800 cc saja.

“Di Indonesia total sedan cuma sekitar 2 persen sekarang. Dan pemain banyak dan itu berdarah-darah, kompetisinya ketat sekali. Di awal-awal 10 persen di 10 tahun lalu, terus turun ke 6 persen, dan turun terus. Sekarang tinggal 2 persen,” yakin Widya.

Alasan Toyota tersebut tentunya tidak sejalan dengan rencana Toyota Indonesia yang berencana untuk merakit sedan Vios di Indonesia. Bahkan Toyota Indonesia juga sangat bangga dengan produksi Vios di Indonesia.

Menanggapi kondisi tersebut, Toyota seperti yang dijelaskan oleh Widyawati bahwa pihaknya memiliki strategi pemasaran lain. Widya menyebutkan bahwa perakitan sedan Vios di Indonesia dilakukan dikarenakan pasarnya masih terbuka lebar.

“Kenapa produksi sedan Vios di sini? Vios itu pasar paling gede, dan mostly gedenya di taksi segmennya itu di taksi. Gambaran saja Taksi sebulan itu kira-kira 1.000 unit per bulan, Vios sekitar 400-500 unit. Sementara sedan Corolla 150 per bulan. Dan ini jauh sekali. Mengapa kita produksi Vios di Indonesia ya karena itu,” yakinnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesia Akan Menjadi Negara Pertama di Asia yang Meluncurkan All New Corolla Altis

Maserati Quattroporte Pertama Di Indonesia Dibeli Wanita