Ini Dia 3 Kendaraan Paling Hijau di Indonesia

JAKARTA, IOTOMOTIF.com – Setiap tahunnya, Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia hari ini Kamis, (5/12), mengumumkan kendaraan-kendaraan paling ramah lingkungan di Indonesia. Program tersebut merupakan bagian dari program Langit Biru 2013 yang merupakan salah satu program strategis pemerintah untuk mengendalikan pencemaran akibat emisi kendaraan.

Deputi MENLH Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan, M.R Karliansyah juga menuturkan kalau pihaknya melakukan pemantauan dan penelitian di setiap kota di hari Senin, Rabu dan Kamis di 3 jalan Arteri sekunder yang memiliki lokasi uji emisi.

“Semua diberlakukan sama, pertama uji emisi kendaraan bermotor bensin, rata-rata 90 persen taat. Untuk kendaraan solar, ini agak sedikit rendah, disitu terlihat yang paling rendah ada 17 persen dan ini dilakukan di 44 kota di seluruh Indonesia,” tuntasnya.

Nah, kendaraan-kendaraan apa sajakah yang akan menjadi kendaraan ramah lingkungan untuk tahun ini?

Honda Freed

Dalam kategori kendaraan roda-empat yang berhasil mendapatkan nilai emisi terbaik adalah Honda Freed.

Honda Freed berhasil menjadi mobil paling hijau setelah berhasil menangkan di kategori Evaluasi Penataan Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru 2013 untuk kategori emisi terbaik mesin bensin untuk roda 4 dengan memperoleh nilai 97,95.

“Saya merasa bangga dengan penghargaan ini karena bisa menyumbangkan emisi terbaik untuk lingkungan. Program ini juga sejalan dengan Honda yang selalu mengutamakan emisi gas buang yang ramah lingkungan,” kata Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Tomoki Uchida di Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Mercedes-Benz ML250 CDI 4×4

Sedangkan untuk kategori kendaraan roda empat bermesin diesel berhasil diraih oleh Mercedes-Benz ML250 CDI 4×4 dengan memperoleh nilai 50,15. Mobil yang dilepas dengan harga Rp 949 juta off-the road ini juga menjadi SUV diesel pertama Mercedes-Benz yang mengaspal di Tanah Air.

Mobil yang menggendong mesin 4 silinder turbo diesel berkapasitas 2.143 cc yang dikawinkan dengan transmisi 4MATIC mampu menyemburkan tenaga mencapai 204 tenaga kuda dengan torsi mencapai 500 Nm.

Honda BeAT

Sementara untuk kategori emisi terbaik untuk kendaraan roda dua diraih oleh Honda BeAT. Skuter matik andalan Honda ini berhasil menyisihkan 10 unit sepeda motor baru lainnya dari 5 produsen motor yang ikut dalam uji emisi ini.

Tahun lalu Honda Supra X 125 Helm-in PGM-FI juga dinobatkan sebagai sepeda motor dengan emisi terbaik di ajang ini.

Untuk menetapkan peringkat kendaraan dengan tingkat emisi terbaik, KLH menggunakan perhitungan kandungan polusi yang dianalisia menggunakan standar uji emisi R40 dengan memperhatikan parameter karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NOx), dan konsumsi bahan bakar.

Berdasarkan hasil perhitungan KLH, All New Honda BeAT- FI mendapatkan nilai dengan parameter CO sebesar 0,143 gram/km, HC sebesar 0.042 gram/km, dan NOx 0.031 gram/km. Pengujiannya sendiri dilakukan di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) – Kementerian Perhubungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here