Menilik Spesifikasi Adik Suzuki Satria F150, Raider J115 FI

PHILIPINA, IOTOMOTIF.com – Suzuki Raider J115 FI yang lebih dulu mengaspal di Philipina, diyakini akan menjadi motor bebek baru yang akan menempati posisi di bawah Suzuki Satria F150 di Indonesia. Bahkan pihak PT Suzuki Indomobile Sales (SIS) juga sudah memberikan sinyal kebenaran kabar tersebut.

“Ya ada, tapi masih nanti di semester 1 tahun depan (2014), nanti kalau sudah mendekati pasti dikabari,” ujar Yohan Yahya, GM 2W marketing & business development PT. Suzuki Indomobil Sales saat dikonfirmasi beberapa waktu yang lalu.

Nah, jika saat ini sudah banyak beredar foto dari adik Satria F150 ini, maka tidak ada salahnya jika kali ini kita akan sedikit menilik lebih dekat sosok dari Raider J115 FI terbaru ini.

Dari data spesifikasi yang telah dirilis oleh Suzuki Philipina, motor bebek Suzuki terbaru ini akan hadir dengan menggendong mesin berkapasitas 113 cc dan memiliki ratio kompresi 9,4:1. Sayangnya pihak Suzuki Philipina tidak merilis berapa tenaga dan torsi motor bebek terbarunya ini.

Namun jika merujuk kembali pada Suzuki Shooter di Indonesia, dapat dipastikan adik Satria F150 ini nantinya dapat menghasilkan tenaga 9,3 dk pada 8.000 rpm dan torsi 9,1 Nm pada 6.000 rpm.

Sedangkan untuk konstruksi kepala silindernya juga sama SOHC 2 klep. Jantung pacu ini menggunakan pendingin udara dan transmisi 4-percepatan. Jika melihat fotonya, Suzuki Raider J115 FI ini terlihat hadir tanpa tuas kopling disetang sebelah kirinya, dengan begitu dapat dipastikan motor bebek Suzuki terbaru ini akan menggunakan kopling semi automatic. Sedangkan untuk sistem bahan bakarnya sudah injeksi sama seperti Shooter.

Sementara untuk rangkanya hampir tidak jauh berbeda, kecuali sokbreaker depannya yang panjang seperti motor sport. Di Indonesia, desain serupa juga digunakan oleh Suzuki Satria F150 dan kerap disebut dengan istilah ‘ayam jago’.Meskipun begitu, Raider J115 FI ini memiliki dimensi panjang yang sama dengan Shooter, yakni 1.910 mm.

Sedangkan untuk jarak sumbu rodanya juga sama, yakni 1.220 mm yang tentunya membuat kedua motor ini sangat lincah untuk diajak bermanuver. Untuk bobotnya hanya berbeda 2 kg saja, Shooter 94 kg sedangkan Raider J115 FI 96 kg. Sementara untuk peleknya sama, sama-sama menggunakan pelek casting wheel.

Untuk selebihnya, seperti jarak terendah ke tanah hingga ukuran rodanya sama saja. Begitupun juga dengan desainnya. Dari bagian tengah hingga ke bagian buritannya juga sama persis, hanya berbeda penyesuaian saja karena di bagian depan, motor ini menggunakan sokbreaker depan yang lebih panjang.

Suzuki-Raider-J115-FI

Bentuk pelek hingga desain cover knalpot Suzuki Raider J115 FI ini juga sama dengan Shooter.Begitupula dengan ukuran bannya, sama-sama menggunakan ban berukuran 70/90-17 di depan dan 80/90-17 di belakang. Sedangkan untuk indikator kecepatannya terlihat tampil dengan desain yang sederhana dan mudah dibaca.

Spesifikasi Suzuki Radier J115 FI :

ENGINE TYPE : 4 STROKE, AIR-COOLED, SOHC
BORE X STROKE : 51.0mm x 55.4mm
DISPLACEMENT : 113cc
COMPRESSION RATIO : 9.4:1
FUEL SYSTEM : FUEL INJECTION
COOLING SYSTEM : AIR-COOLED
LUBRICATION : WET SUMP
STARTING : ELECTRIC / KICK
IGNITION SYSTEM : ELECTRONIC IGNITION
ENGINE OIL : 800ml
TRANSMISSION TYPE : 4-SPEED, CONSTANT MESH
CLUTCH TYPE [PRIMARY] : WET SHOE, AUTOMATIC, CENTRIFUGAL TYPE
SUSPENSION    
FRONT : TELESCOPIC, COIL SPRING, OIL DAMPED
REAR : SWINGARM TYPE, COIL SPRING, OIL DAMPED
TIRE SIZE
FRONT : 70/90-17M/C 38 P, TUBE TYPE
REAR : 80/90-17M/C 44 P, TUBE TYPE
BRAKES
FRONT : DISC BRAKE
REAR : DISC BRAKE
LENGTH X WIDTH X HEIGHT : 1910mm x 670mm x 1000mm
WHEELBASE : 1.220mm
GROUND CLEARANCE : 145mm
CURB MASS : 94kg (SPOKE), 96kg (MAGS)
SEAT HEIGHT : 765mm
FUEL TANK CAPACITY : 3.7L

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here