Home » News » Global » 3 Motor Retro Honda, Yamaha dan Kawasaki Mejeng di TMS 2013
Global Auto Show

3 Motor Retro Honda, Yamaha dan Kawasaki Mejeng di TMS 2013

TOKYO, IOTOMOTIF.com – Ajang Tokyo Motor Show 2013 dimanfaatkan betul oleh ketiga produsen sepeda motor raksasa, seperti Honda, Yamaha dan Kawasaki untuk memamerkan motor-motor terbarunya.

Namun pada ajang tahun ini terlihat berbeda, pasalnya selain menampilkan motor-motor terbarunya, ketiga pabrikan sepeda motor asal Jepang ini juga menampilkan motor baru dengan desain retro atau jadul. Honda hadir dengan motor barunya, yakni Honda CB1100EX yang tentunya mengusung desain jadulnya.

Seperti tak mau kalah dengan rival terdekatnya, Yamaha pun juga turut memboyong motor barunya dengan desain retro, yakni Yamaha Bolt Cafe. Kawasaki ternyata juga tak ingin ketinggalan dengan menghadirkan Kawasaki Estrella. Yuk, kita intip satu-persatu motor baru dengan desain lama, atau motor lama dengan desain baru ketiga pabrikan sepeda motor raksasa ini!

Honda CB1100EX

Yang pertama adalah varian motor terbaru besutan Honda yang dinamai CB1100EX. Motor baru dengan desain jadul Honda ini hadir dengan desain yang tidak jauh berbeda denagn Honda CB1100. Seperti halnya CB1100, Honda CB1100EX ini dibangun dari model CB yang memang menjadi salah satu sepeda motor legendaris besutan Honda dengan model yang sama seperti CB500 Four, CB750F dan CB900F.

CB1100EX-2013

Perbedaan pada motor terbaru Honda dengan desain lama ini terlihat pada sistem knalpotnya yang kini hadir dengan silincer yang terletak di sebelah kanan, dan masing-masing lebih rendah 1,6 inci dari model CB1100. Selain itu, perbedaan juga terlihat pada pelek motor terbaru retro ini.

Honda CB1100EX juga dikabarkan memiliki bobot yang lebih berat dari CB1100, dan pastinya hal tersebut akan mempengaruhi pada konsumsi BBM-nya. Menurut Honda, CB1100EX terbarunya ini memiliki konsumsi bahan bakar mencapau 17,89 km/liter dan hal tersebut agak sedikit boros jika dibandingkan dengan sang kakak yakni CB1100 yang memiliki konsumsi BBM hanya mencapai 18,5 km/liter. Dengan begitu, Anda dapat menempuh perjalanan menggunakan CB1100EX terbaru ini sejauh 313 km dengan kondisi tangki terisi penuh.

Sementara untuk jantung pacunya, Honda membekali motor terbarunya ini dengan mesin berkapasitas 1.140cc yang dikawinkan dengan sistem transimisi 6-percepatan.

Yamaha Bolt Cafe

Sementara Yamaha yang tak mau kalah turut menghadirkan motor terbarunya yang hadir dengan desain retro habis, yakni Yamaha Bolt Cafe. Motor terbaru dengan desain lama Yamaha ini terlihat sedikit berbeda karena masih dalam bentuk konsep. Motor konsep terbaru dengan desain jadul Yamaha ini terlihat hadir dengan mengusung chassis yang ramping dan kompak untuk digunakan menggendong mesin V-Twin-nya.

Yamaha-Bolt-Cafe-2013-002

Yamaha Bolt Cafe adalah salah satu prototipe yang secara khusus dirancang oleh Yamaha untuk menunjukkan kepada para konsumen dan pemilik untuk dapat membuat motor terbaru dengan desain jadulnya ini sesuai dengan selera mereka sendiri.

Selain itu, kesederhanaan Bolt Cafe dan tingkat kebebasan yang tinggi untuk digunakan dalam berbagai kustomisasi juga memperluas batas-batas imajinasi dan kenikmatan pemiliknya dalam modifikasi.

Untuk motor konsep terbarunya ini, Yamaha akan membekalinya dengan mesin V-Twin berkapasitas 942cc yang akan dikawinkan dengan transmisi return 5-percepatan.

Kawasaki Estrella

Sementara Kawasaki yang juga tak ingin kalah dan masih meyakini bahwa tren retro masih banyak digemari juga tak ingin ketinggalan dengan merilis Kawasaki Estrella 250.

Kawasaki-Estrella-2013Motor terbaru Kawasaki ini hadir dengan menggabungkan desain bergaya retro dengan dibekali teknologi modern yang mampu melahirkan sepeda motor yang fun-to-ride. Selain itu, Kawasaki juga merancang kembali chassis motor terbaru retronya ini untuk dapat mengurangi berat tubuhnya.

Dalam ajang Tokyo Motor Show 2013 ini Kawasaki menghadirkan dua versi Estrella sekaligus, yakni Kawasaki Estrella bergaya ‘cafe Style’ yang tampil elegan dan bersahaja dan Estrella bergaya ‘touring style’ yang tampil dengan windscreen, retro seat dan tas samping.

Untuk motor terbaru retronya ini, Kawasaki membekalinya dengan mesin 249cc yang diklaim mampu menghasilkan tenaga mencapai 17,4 hp pada 7.500 rpm dengan torsi 18,3 Nm pada 5.500 rpm.