Toyota Siap Perkenalkan Mobil “Fuel Cell” Terbaru di TMS 2013

TOKYO, IOTOMOTIF.com – Produsen mobil asal Jepang, Toyota menyatakan telah siap untuk menampilkan mobil konsep terbarunya, yakni FCV (Fuel Cell Vehicle) di ajang Tokyo Motor Show 2013 yang akan berlangsung mulai 23-1 Desember 2013 mendatang.

Mobil yang akan hadir dengan dibekali teknologi “fuel cell” atau hidrogen untuk menghasilkan energi listrik besutan Toyota ini juga ditargetkan akan diluncurkan pada 2015 mendatang. Toyota juga mengklaim bahwa mobil FCV terbarunya ini mampu menempuh jarak hingga 500 km hanya dengan sekali pengisian saja. Selain itu menariknya lagi, untuk mengisi ulang hidrogen ke dalam tangki yang berada di bawah kendaraan hanya dibutuhkan waktu selama 3 menit saja.

Toyota juga berharap pada saat peluncuran (FCV) pada 2015 mendatang, Jepang sudah memiliki ratusan tempat pengisian hidrogen, termasuk di Eropa dan Amerika Serikat.

Teknologi “Fuel Cell” memang paling masuk akal dikembangkan untuk menjadi teknologi yang akan dibekalkan pada kendaraan ramah lingkungan. Hal tersebut dikarenakam teknologi Fuel Cell hanya menghasilkan emisi berupa air dan tidak berbahaya. Selain itu, konsumsi hidrogen juga dirasa sangat cukup dan bisa diciptakan sebanyak mungkin tanpa khawatir akan kehabisan sumbernya di alam.

Langkah yang diambil oleh Toyota ini memang seakan-akan menantang sejumlah prediksi para analis yang menyatakan minat konsumen terhadap kendaraan “hijau” masih sangat rendah dikarenakan infrastruktur tempat pengisian ulang hidrogen belum tersedia atau masih sangat minim serta harga kendaraan yang sangat mahal.

Meskipun mengalami banyak sekali hambatan, sepertinya Toyota yakin bahwa penjualan mobil ramah lingkungan nantinya akan perlahan naik dan meningkat. Hal tersebut tentunya didukung dengan semakin ketatnya sebagian negara maju yang menerapkan batas emisi.

Saat ini Toyota juga telah menjalin kerjasama dengan BMW untuk memproduksi mobil berteknologi fuel cell. Langkah serupa sepertinya juga ditempuh oleh rival terdekatnya, Honda yang juga telah menjalin kerjasama dengan GM, sedangkan Nissan menggandeng Daimler.

Dalam hal ini, sebenarnya Honda sudah lebih dulu memperkenalkan mobil hidrogennya, yaitu Honda FCX Clarity yang saat ini baru di jual dalam jumlah terbatas. Kedepannya Toyota juga berharap bisa menjadi pemimpin pasar di segmen kendaraan berteknologi baru, seperti yang diperolehnya dari Prius yang kini menjadi ikon mobil hibrida di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here