Comparisons

Komparasi Perbandingan Mazda MX-5 dan Subaru Impresa STi

iotomotif.comMazda MX-5 dan Subaru Impresa STi adalah mobil sport.  Mengingat penggemar mobil sport tak selalu miliuner, maka kali ini kami coba memilihkan mobil sport yang paling terjangkau di pasaran. Setelah melewati beberapa tahap perdebatan di redaksi, kami sepakat memilih Mazda MX-5 Miata dan Subaru Impreza WRX STi.

Kedua mobil ini bisa dibeli tak sampai Rp 700 juta, memiliki penggemar luar biasa banyak serta di belakang mereka terdapat legenda panjang. Artinya ini bukan mobil sport baru yang masih butuh pembuktian, karena sebetulnya mereka sudah ada di dunia sejak beberapa dekade lalu. Tentu saja yang kami tes adalah tipe terbarunya.

Meskipun baik Miata maupun Impreza sama-sama memiliki sejarah panjang kesuksesan, keduanya dibangun dari konsep berbeda. Miata diciptakan sebagai roadster untuk semua orang, sementara Impreza WRX STi merupakan jelmaan sedan kompak yang diberi teknologi penggerak dan kaki-kaki dari reli dunia.

Inilah intisari dari sebuah sportscar. Dibanding jenis mobil lain, kecepatan adalah salah satu parameter yang paling diutamakan. Lantas seberapa cepat Mazda MX-5 dan Subaru Impreza WRX STi berlari?

Dilihat dari output, harus diakui mesin Miata bukanlah tandingan Impreza. Jagoan Mazda itu menggunakan unit 4-silinder 2.000 cc. Tenaga yang dikeluarkan ‘hanya’ 160 dk pada putaran 6.700 rpm.

Ini tak sebanding dengan Impreza. Sudah kapasitasnya lebih besar – 2.500 cc, masih disuntik turbo pula. Alhasil, total dayanya mencapai 300 dk plus muntahan torsi 350 Nm.

Tak heran untuk akselerasi 0-100 km/jam Miata butuh 9,4 detik. Impreza? Cukup 7,1 detik saja. Lezatnya Impreza juga tak lepas dari peran Symmetrical AWD. Dengan gerak 4 roda khas Subaru, distribusi tenaga lebih merata dan menghasilkan grip lebih sempurna.

Mobil sports tak hanya kencang, tapi juga harus indah dilihat. Mungkin Impreza sudah cukup sporti dengan bentuk bodi penuh ototnya itu, tapi tetap tak bisa menyamai atrativisme Miata.

Bodi roadster ber-bonnet panjang, atap single cabin yang bersih dan simpel, juga buritan mungil nan seksi adalah hal-hal yang sulit ditampik orang. Di jalan, ia jelas terlihat beda dengan mobil-mobil kebanyakan. Dan keistimewaan itu semakin menjadi saat atap-nya terbuka. Pengemudinya pun harus mereka yang cukup narsis untuk tahan dilihat orang sepanjang perjalanan.

Sementara Impreza meski telah dibekali spoiler, airscoop dan roda sangar, tetap saja memiliki bodi sedan ‘biasa’. Apalagi WRX STI yang kami tes ini punya 4 pintu, makin pudar saja kesan istimewanya.

Dalam pengujian sederhana yang kami lakukan pun terbukti. Ketika kami jajarkan kedua mobil itu di pusat perbelanjaan, mata pengunjung lebih sering menatap Miata ketimbang Impreza. Tentu saja ini bukan penilaian eksak, tapi tersirat betapa Miata adalah mobil ‘tak biasa’ yang punya daya tarik lebih besar.

Rasa spesial bagi pengendaranya merupakan kewajiban bagi sebuah mobil sport. Ini bukan sarana transportasi biasa untuk bepergian ke kantor atau mengantar keluarga. Mobil sport haruslah merefleksikan jiwa muda yang menginginkan segala sesuatunya unik.

Terus terang Subaru berusaha keras membuat Impreza terasa spesial dalam trim WRX STi. Agar terasa berbeda dibanding Impreza biasa, mereka memberikan body kit agresif, kap mesin dengan air scoop serta pelek dan ban besar di eksterior. Sementara di dalam ada sejumlah emblem STi untuk membangkitkan gairah.

Sementara Miata sendiri tak perlu berusaha terlalu keras. Dari awal dirancang sebagai sebuah roadster membuat aura berkendaranya sangat berbeda. Posisi duduk di dalamnya sudah rendah, alhasil kaki menjulur ke depan yang membuat aura sport makin kental. Posisi duduk sangat ergonomis seperti ini sangat sulit didapatkan dari sebuah sedan macam Impreza.

Rasa spesial di Miata belum selesai sampai di situ. Menganut bentuk convertible, tinggal menekan tombol beberapa belas detik Anda langsung merasakan sensasi mengemudi tanpa atap yang tiada tara. Ia mungkin tak secepat Impreza, tapi jauh lebih terasa spesial.

Jika jumlah rating bintang kedua mobil ini dijumlahkan, maka Impreza menang atas Miata dengan perban­dingan 21:19. Artinya dalam sebuah Tes Jalan normal, Impreza akan disebut sebagai pemenang. Dalam hal harga, kedua mobil ini memiliki harga dalam kisaran 600jutaan, Subaru Impresa dijual dengan harga Rp. 695 juta sedangkan Mazda MX-5 dijual dengan harga Rp. 609,2 juta.

Bagaimanakah BMW 320d Diesel Terbaru?

Previous article

Bagaimana Toyota Vios Termahal?

Next article

You may also like

More in Comparisons