Jakarta, IOTOMOTIF.com – Dalam segmen mobil hatchback di Indonesia, Toyota memang memiliki banyak model, mulai dari entry-level Toyota Agya lalu Toyota Etios Valco hingga Toyota Yaris. Kali ini Toyota Astra Motor (TAM) kembali merilis city car varian terbaru yaitu Etios Valco JX yang hadir sebagai pelengkap dari 3 varian yang sudah ada sebelumnya, yaitu J, E dan G.

Toyota Etios Valco JX diposisikan diantara varian tipe J dan E, dilengkapi dengan berbagai kelengkapan Etios Valco tipe J dengan tambahan fitur Electronic Power Steering (EPS), Auto Power Window, Power Door Lock, Tilt Steering, Tachometer dan 2 speaker dengan audio pre-wire. Tidak lupa fitur keselamatan berkendara dual airbag. Untuk harganyam tipe Etios Valco JX ini dibanderol dengan harga Rp 139 juta. Untuk tipe lain Etios Valco yaitu E (Rp 149,9 juta) dan G (Rp 161,6 juta). Kini JX menjadi tipe paling bawah atau termurah dari seluruh Etios yang dipasarkan di Indonesia. Semua, Etios sampai saat ini menggunakan transmisi manual.

Penyempurnaan dan Revisi Final Gear Ratio

Selain memperkenalkan Etios Valco JX, TAM juga merevisi final gear ratio atau mengubah perbandingan gigi akhir dari keluarga Etios Valco. Dimana, final gear ratio menjadi 4,294 (sebelumnya 3,944) menjanjikan torsi lebih besar pada putaran bawah sehingga meningkatkan performa berkendara terutama saat kondisi jalan yang macet.

“Pengembangan ini didasari kebutuhan para pelanggan dan kondisi jalanan yang kerap menggunakan putaran mesin rendah ketika menjelajahi lingkungan kota,” ucap Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan.

Sekedar informasi, Etios Valco pertama kali hadir di Indonesia sejak Maret 2013, hingga bulan Agustus tahun ini telah terjual sebanyak 9,375 unit atau pangsa pasar sebesar 24,2 persen. Dengan total selama 3 tahun terakhir, pangsa pasar mobil jenis city car tumbuh sebanyak 127 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here