Jakarta, IOTOMOTIF.com – Penggunaan komponen lokal adalah salah satu persyaratan dalam mengikuti program mobil murah LCGC. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri menjagokan mobil LCGC andalannya, yaitu Suzuki Karimun Wagon R untuk bersaing dengan segmen dikelasnya.

Tenyata kandungan komponen lokal dari Karimun Wagon R masih sekitar 70 persen. Namun pihak SIS berjanji akan lebih meningkatkan kandungan lokal pada mobil murah andalannya tersebut. “Kandungan lokal pada mobil ini mencapai 70 persen, dan meningkatkan kandungan lokal mencapai 85 persen dalam lima tahun adalah satu syarat LCGC. Namun kita bisa mencapai hal itu lebih cepat,” ucap Tokio Matsui, selaku Chief Engineering Car Line 1 Departement SMC pada acara test drive Suzuki Karimun Wagon R di Tangerang Selatan.

Lebih lanjut, Matsui juga mengungkapkan bahwa Suzuki Wagon R yang hadir di Indonesia memiliki spesifikasi yang sama. Namun hanya terdapat perbedaan komponen yang berasal dari dalam negeri dan beberapa penyesuaian untuk kondisi jalanan di Indonesia. “Wagon R versi Jepang dan Indonesia sebetulnya sama, tapi kami melakukan modifikasi untuk suspensinya karena kondisi antara Indonesia dan Jepang berbeda,” tutup Matsui.

Selain Suzuki Karimun Wagon R sebagai mobil murah LCGC yang bersaing dengan Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya dan Datsun Go. Ternyata Suzuki juga menghadirkan Karimun Wagon R 7-penumpang yang juga direncanakan masuk program LCGC seperti Datsun Go+ Plus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here