Perbandingan Mesin Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Bila sebelumnya iotomotif melakukan perbandingan atau komparasi dimensi antara Honda Mobilio dengan kompetitornya di segmen Low MPV (Baca: Perbandingan Dimensi Honda Mobilio vs Avanza vs Ertiga) yaitu Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga. Kali ini yang akan diulas adalah komparasi mesin. Namun dalam perbandingan ini, merupakan data spesifikasi diatas kertas saja atau belum ada pembuktian secara nyata. Mengingat Honda Mobilio baru akan dijual pada tahun 2014.

Honda Mobilio mengusung mesin 4-silinder berkapasitas 1.495 cc. Ukuran mesin yang diusung sama dengan Toyota Avanzam yaitu 4 silinder 1.495 cc. Namun, bila dibandingkan dengan Suzuki Ertiga yang berkapasitas 1.373 cc, Mobilio lebih besar 123 cc.

Selanjutnya, tenaga yang dihasilkan Mobilio diklaim sebesar 118 dk pada 6.000 rpm dan torsi tertinggi sebesar 144 Nm pada 4.400 rpm. Sedangkan Toyota Avanza 1.5 hanya bertenaga 104 dk/6.000 rpm dan torsi 136 Nm/4.400 rpm. Sementara Suzuki Ertiga mampu menghasilkan 95 dk/6.000 rpm dan torsi 130 Nm/4.000 rpm. Untuk hal ini, jelas terlihat Honda Mobilio memiliki tenaga dan torsi paling besar dan lebih unggul.

Walaupun memiliki kapasitas mesin yang berbeda serta tenaga yang dikeluarkan, ketiga mobil Low MPV ini dilengkapi dengan teknologi katup variabel. Honda Mobilio menggunakan i-VTEC, Toyota Avanza VVTi dan Suzuki Ertiga VVT. Untuk transmisi ketiganya dibekali transmisi manual 5-speed. Namun, untuk yang otomatis berbeda. Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza mengandalkan transmisi otomatis 4-speed konvensional. Sementara Honda Mobilio menganut sistem transmisi CVT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here