Toyota Indonesia Siap Goyang Thailand

JAKARTA, IOTOMOTIF.com – Toyota Astra Motor (TAM) siap menggeser posisi Thailand di peringkat negara penyumbang penjualan terbesar di dunia. Pada tahun lalu, Indonesia masih menduduki peringkat kelima, tepat dibawah Thailand yang menempati peringkat keempat.

“Tahun lalu penjualan kami 400.000 unit, di bawah Thailand yang mencapai 516.000 unit,” tukas Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM di Kemayoran, Jakarta Pusat, hari ini (22/9/2013).

Mengacu pada data penjualan Toyota pada tahun lalu, Amerika Serikat mesih kokoh menempati posisi teratas dengan menyumbangkan penjualan sebanyak 2,083 juta unit. Kemudian disusul oleh Jepang di posisi kedua dengan penjualan sebanyak 1,692 juta unit, China 853.000 unit, Thailand 516.000 unit, dan Indonesia 400.000 unit.

Dengan data penjualan Toyota tersebut, diyakini Indonesia memiliki potensi pasar yang lebih besar jika dibandingkan dengan Thailand. Apalagi dengan tambahan investasi berupa pembangunan pabrik kedua di Karawang, Jawa Barat pada awal tahun ini. Populasi penduduk yang besar juga menjadi salah satu faktor yang patut dipertimbangkan.

“Kalau 2013 mungkin posisi kita masih sama (kelima). Tapi 2015 bisa jadi bisa melampaui Thailand, tahun depan masih belum yakin,” beber Samulo.

Tahun ini, Toyota juga menargetkan bisa menikmati pasar 36 persen dari estimasi penjualan nasional 1,1 juta unit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here