Mitsubishi Lancer Dul ‘Ngedrift’ Sebelum Kecelakaan

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Kecelakaan maut yang melibatkan Mitsubishi Lancer EX yang dikendarai Dul, anak dari musisi Ahmad Dhani dengan Daihatsu Grand Max dan Toyota Avanza memang membuat terkejut banyak pihak. Selain menelan korban jiwa yang banyak, ternyata Mitsubishi Lancer dikendarai oleh anak yang belum cukup umur alias belum memiliki surat izin mengemudi (SIM) yang resmi.

Informasi terbaru dari kecelakaan maut Mitsubishi Lancer ini mengarah pada ditemukannya jejak bekas ban yang menghitam di aspal, dimana hanya terdapat satu jejak ban. Dengan demikian diperkirakan mobil sedan besutan Mitsubishi ini melakukan Drift-ing yang disengaja ataupun tidak disengaja hingga akhirnya terlempar keluar jalur dengan menabrak batas jalan.

Dari analisa yang ada, mobil yang dipakai oleh Dul adalah Mitsubishi Lancer EX (Bukan Lancer EVOLUTION). Kemampuan mobil ini memang termasuk bagus dikelasnya. Dari karakter jantung pacu yang dibawanya saja, mobil ini bisa melesat hingga 265 km/h. Jika dihubungkan dari pemberitaan sementara, Dul di TKP melesat hingga 100 km/h dan muncul dugaan Mitsubihi Lancer ini ‘nge-drift’ hingga terlempar sampai lajur yang berbeda. Pertanyaan yang muncul sekarang adalah, seberapa jauh sistem keselamatan seperti, Brake Assist (BA) bekerja di dalam mobil sehingga mobil bisa sampai – jika benar – terjadi drifting.

Mitsubishi Lancer EX Evolution

Fitur Brake Assist pada Mitsubishi Lancer EX ini, memang bekerja untuk memperdalam tekanan rem saat terjadi emergency. Sistem ini sengaja ditanamkan di dalam mobil sekelas Mitsubishi Lancer Evo X, karena dari uji coba sistem, 90% sampel gagal melakukan pengereman maksimal dalam keadaan bahaya.

Selain itu, untuk mencegah selip karena kecepatan tinggi, mobil Dul masih disiapkan dengan Anti-lock braking system (ABS). Sistem ini akan mencegah terjadinya rem pakem menghentikan roda tiba-tiba, sehingga mencegah selip di aspal. Tapi, ternyata kemungkinan faktanya Mitsubishi Lancer Evo X yang dikendarai Dul malah ‘ngedrift’.

Hingga saat berita ini dipublikasikan, belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian menyangkut kebenaran tentang mobil Lancer yang dikendarai Dul ‘Ngedrift’ sebelum menabrak. Pihak kepolisian sendiri sedang menganalisa lebih lanjut bersama dengan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mitsubihi terkait hal ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here