First Drive, Audi A5 Sportback 2013

PT Garuda Mataram Motor meluncurkan varian baru, Audi A5 Sportback yang hadir dengan desain dan sosok yang berbeda. Mungkin kita sendiri kurang mengerti apa itu istilah ‘sportback’ yang disandang oleh Audi A5 ini. Namun bila mau dibuat sederhana sportback adalah sebuah hatchback dengan beberapa nilai tambah. Dengan tambahan akomodasi layaknya station wagon dan memiliki akses ala sedan 4-pintu. Namun masih mempertahankan ciri khas sebuah mobil hatchback, terlihat dari kaca belakang yang menyatu dengan bagasi.

Audi A5 Sportback 2013 merupakan varian baru dari keluarga A5 setelah A5 Coupe yang lebih duru dirilis di Indonesia pada pertengahan tahun lalu. Bila pada model Audi A5 Coupe memiliki dna sporti, namun sejatinya A5 Coupe maupun Sportback tidak memiliki perbedaan teknis selain bentuk bodi yang diusung.

Eksterior dan Interior

Yang paling kami suka dari Audi A5 Sportback adalah bentuk bodi nya secara keseluruhan. Walaupun masih mengusung model 4-pintu namun dengan garis atap membentuk kurva dan melandai hingga bagian belakang membentuk garis desain yang dinamis dan sporti, sedikit mirip dengan bentuk mobil Coupe. Aura dinamis kian terpancar saat hendak masuk dan terlihat pintu yang menggunakan model frameless layaknya mobil sport.

Bagian interior Audi A5 Sportback tidak jauh berbeda dengan line-up mobil-mobil Audi lainnya. Tentu saja kabin A5 Sportback mengedepankan sisi kenyamanan penumpang. Dengan detik dan material berkualitas tinggi. Lingkar kemudi dan masing-masing jok dibalut dengan kulit milano mewah semakin membuat nyaman sehingga betah berlama-lama dalam kabinnya.

Walaupun bagian legroom atau ruang kaki termasuk lega, namun untuk bagian headroom A5 Sportback terasa kurang memuaskan, terutama bila kita duduk di bagian baris kedua. Pintu berukuran besar pada bagaian belakang menjadi alasan mobil ini menyatukan pintu dengan kaca belakang layaknya mobil hatchback. Akses keluar-masuk barang di bagasi sangat mudah apalagi didukung dengan kapasitas bagasi besar yang mencapai 1.208 liter.

Fitur dan Teknologi

Audi A5 Sportback dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk menjamin keamanan dan keselamatan serta memanjakan penumpang. Terdapat fitur Audi Drive Select (ADS) sebagai fitur pilihan saat berkendara. Dengan fitur ADS tersebut, pengemudi dapat memilih beberapa mode berkendara antara lain Comfort, Auto dan Dynamic. Dalam hal ini ADS mengatur power steering, engine management, automatic transmission, suspension dan automatic air conditioning. Sehingga dapat memaksimalkan karakter berkendara sesuai dengan mode pengendaraan yang dipilih.

Setir Audi A5 Sportback terasa ringan saat dikemudikan. Hal ini karena teknologi Power Steering yang diatur secara elektromekanikal, dimana sistem ini sama sekali tidak menggunakan tenaga saat berada di jalan lurus. Bahkan dengan adanya teknologi ini konsumsi bahan bakar dapat ditekan hingga 0,3 liter per 100 km.

Berbagai piranti kenyaman dan keselamatan banyak disematkan pada A5 Sportback. Seperti fitur cruise control, auto hill-hold assist, Driver Information System (DIS), Roll Stability Program, Anti slip Regulation, Tyre Pressure Monitoring Display.

Dalam melakukan pengetesan Audi A5 Sportback ini, kami menggunakan lahan terbatas dan umumnya berupa jalan yang tidak rata. Disitulah penumpang dapat merasakan karakter asli dari mobil ini dengan menguji bantingannya. Ternyata walaupun bertampang sporti, mobil ini sangat memiliki kenyamanan suspensi yang sangat baik.

Mesin dan Performa

Untuk urusan mesin, Audi A5 Sportback mengusung mesin yang sama pada A5 Coupe. Yaitu mesin Turbo berkapasitas 1.984cc TFSI 4-silinder dilengkapi injeksi BBM langsung dan katup variabel. Mesin tersebut mampu menghasilkan keluaran tenaga hingga 225 HP dengan torsi maksimum sebesar 350 Nm pada putaran 1.500-4.500 rpm. Diteruskan ke sistem penggerak roda depan dengan transmisi CVT Multitronic. transmisi ini terasa nyaman dan sangat halus tanpa mengurangi tenaga yang dikeluarkan.

Dengan mesin tersebut Audi A5 Sportback 2013 diklaim mampu berakselerasi dari kecepatan diam 0 sampai 100 km/kam hanyta dalam waktu 7,2 detik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here