Toyota Akan Hentikan Produksi FJ Cruiser

TORRANCE, IOTOMOTIF.com – Toyota FJ Cruiser yang memiliki kehebatan untuk menaklukkan segala medan seprtinya akan segera berakhir. Pasalnya SUV mewah andalan Toyota yang mulai dirilis pada 2006 sebagai model 2007 untuk menggantikan FJ40 Land Cruiser yang jaya pada 1960 hingga 1980-an ini akan berakhir setelah 2014. Seperti yang dilansir oleh autoblog berdasarkan informasi dari fleet.toyota.com, bahwa pesanan terakhir FJ Cruiser dibatasi sampai Mei tahun depan.

Keputusan yang diambil oleh Toyota untuk menghentikan produksi SUV andalan ini sepertinya sama dengan ungkapan Bill Fay, Group Vice President and General Manager Toyota Motor Sales (TMS) pada beberapa waktu yang lalu. Menurutnya, kendaraan off-road masa depan akan mengikuti tren unibody (bodi dan rangka menyatu), dan tak lagi mengadopsi body-on-frame (bodi di atas rangka).

Toyota FJ Cruiser andalan produsen asal Jepang ini dibangun diatas platform
Tacoma. Kendaraan penjelajah yang handal ini hanya dibekali dengan satu mesin berkapasitas 4.000 cc V6 yang mampu menghasilkan torsi mencapai 367 Nm yang menyemburkan tenaga puncak mencapai 258 PS. Jantung pacu SUV mewah segala medan ini juga disandingkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual 6-percepatan dan transmisi otomatis 5-percepatan.

Mobil andalan Toyota ini juga memiliki jarak bodi dengan tanah yang cukup tinggi dengan gigi dengan nafas pendek yang membuatnya sangat cocok untuk digunakan menaklukkan segala medan. Namun beberapa pengamat juga melontarkan beberapa pendapatnya tentang FJ Cruiser, diantaranya adalah area blind-spot mobil ini yang besar, seperti ruang kargo yang sempit.

Meskipun begitu, mobil andalan Toyota ini berhasil menjadi idola bagi para pecinta off-roader di Amerika Serikat. Terbukti pada tahun pertama diluncurkan saja, SUV mewah besutan Toyota ini berhasil terjual sebanyak 56.225 unit. Hanya saja pada tahun lalu, penjualannya turun drastis, tinggal 3.656 unit. Hingga saat ini, belum ada informasi calon pengganti dari FJ Cruiser dari Toyota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here