Skutik 125cc Baru Yamaha Semacam Upgrade?

JAKARTA, IOTOMOTIF.com – Selain akan memasarkan moge dan motor sport 250cc terbarunya di Tanah Air, Yamaha juga sedang menyiapkan skutik 125 cc dalam waktu-waktu dekat ini ke pasar Indonesia. Sayangnya untuk model skutik terbarunya ini, Yamaha Indonesia masih tutup mulut. Namun akhirnya bocoran tentang skutik 125cc terbaru Yamaha ini sedikit demi sedikit mulai mengurai.

“Soal model, sebenarnya hampir sama dengan yang sudah ada. Ini cc-nya saja lebih tinggi,” ungkap General Manager Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia Eko Prabowo.

Yamaha Indonesia sendiri diketahui telah mendaftarkan motor terbarunya dengan nama Yamaha 2SV di Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) Kendaraan Bermotor Kementrian Perindustrian.

Kehadiran mesin 125 cc pada skutik Yamaha ini sebenarnya sudah bisa kita lihat pada Xeon RC. Namun memang hingga sampai saat ini, kebanyakan skutik-skutik Yamaha masih menggunakan mesin 115cc. Apakah skutik 125cc terbaru Yamaha ini merupakan kelanjutan dari produk Xeon?

Andaikata memang ada penyeragaman kapasitas mesin sehingga lebih bertenaga, maka kecanggihan Xeon RC tentunya bisa kita jadikan sebuah patokan.

Seperti diketahui, Yamaha Xeon RC hadir dengan dibekali mesin berkapasitas 125cc berpendingin cairan berteknologi fuel injection yang didukung komputer ECU (Electronic Control Unit). Skutik andalan Yamaha ini juga mengalami peningkatan tenaga dari model sebelumnya, jantung pacunya mampu menghasilkan tenaga mencapai 11,4 hp dengan torsi 10,4 Nm, namun lebih irit sekitar 20 persen.

Jantung pacu Yamaha Xeon RC ini juga mengandalkan banyak sensor yang berfungsi untuk menunjang performa, efisiensi, dan sekaligus juga ramah lingkungan. Salah satu sensor tersebut berfungsi sebagai indra untuk kadar oksigen.

Pada prinsipnya, sensor tersebut brfungsi untuk membaca bagaimana pengeluaran dari gas buang. Dia akan membaca kadar kadar CO dan HC. Jika kadar HC-nya kecil, maka dinilai terlalu miskin sehingga akan memerintahkan ECU untuk menambahkan jumlah bahan bakar.

Selain sensor oksigen, Xeon RC ini juga dibekali dengan Coolant temperature sensor, Crankshaft position sensor, intake air temperature sensor, intake air pressure sensor, dan hingga ISC atau Idle Speed Sensor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here