Mengintip Spesifikasi 3 Moge KTM Terbaru

JAKARTA, IOTOMOTIF.com – Setelah sebelumnya telah menghadirkan KTM edisi ‘Six Days‘, produsen motor asal Austria ini kembali menggoda para pecinta otomotif di Indonesia dengan menghadirkan varian motor besarnya di Tanah Air. Tak tanggung-tanggung 3 varian motor gede andalannya pun turut dihadirkan di Indonesia, diantaranya adalah KTM 1190 Adventure, KTM 1190 Adventure R dan KTM 990 SM T.

Ketiga moge andalan KTM ini memang hadir dengan menawarkan banyak keunggulan, baik dari segi desain, jantung pacu, fitur-fitur berteknologi terkini, dan suspensi terbaik. Yuk kita lihat satu-persatu moge terbaru andalan KTM ini.

KTM 1190 Adventure & KTM 1190 Adventure R

Untuk varian KTM 1190 Adventure dan 1190 Adventure R ini dibekali dengan jantung pacu berkapasitas 1.195cc silinder ganda 75 derajat, liquid-cooled. Sedangkan untuk pengapiannya menggunakan busi ganda (twin plug ignition), bersistem injeksi, engine management terbaru keluaran Keihin, berteknologi drive-by-wire dan anti-hopping clutch. Jantung pacu kedua moge ini juga mampu menyemburkan tenaga yang besar hingga mencapai 150 PS dengan torsi puncak 125 Nm.

Kedua moge andalan KTM ini juga dibekali dengan berbagai fitur-fitur berteknologi terkini. Dan untuk fitur yang dimiliki oleh KTM 1190 Adventure dan KTM 1190 Adventure R tidak jauh berbeda. Hanya saja untuk varian 1190 Adventure R sang pendendara harus terlebih dulu mensetting sendiri motor ini sesuai denagn keinginan, baik dari suspensi hingga mesinnya. Hal tersebut dilakukan karena untuk varian 1190 Adventure R ini memang sama dengan motor yang digunakan di ajang Paris Dakar.

Sedangkan untuk KTM 1190 Adventure semua settingan sudah menggunakan sistem komputerisasi, sehingga semua pengecekannya dilakukan dengan komputer, bahkan pengecekan pada angin ban-nya sekalipun.

Kedua varian motor andalan KTM ini juga dibekali dengan sistem pengereman ABS pada rem depan dan belakangnya yang bisa dinon-aktifkan. Sehingga dengan begitu dapat menawarkan sensasi berkendara yang menyenangkan sekaligus menantang saat melibas tikungan.

KTM 1190 Adventure dan 1190 Adventure R ini juga dibekali dengan fitur Traction Control dari Bosch yang berfungsi untuk mendukung keselamatan pengendara. Tidak hanya itu, KTM juga menyematkan sensor tekanan ban dan lima berkendara seperti Sport, Street, Rain, off-road dan off-mode pada kedua motor penjelajahnya ini.

Bobot kedua sepeda motor penjelajah besutan KTM ini juga sangat ringan, untuk kelas Adventure hanya 250 kg dalam kondisi tangki bahan bakar terisi penuh. Selain itu motor andalan KTM ini juga menawarkan perawatan rutin yang sangat hemat, yakni baru di servis setelah mencapai 15.000 km.

Sedangkan untuk suspensinya, KTM membekali 1190 Adventure dengan perangkat suspensi travel berukuran 210 mm, sedangkan untuk 1190 Adventure R menggunakan suspensi travel dengan dimensi yang lebih besar, yakni 265 mm.

Selain itu, untuk pengaturan suspensi KTM 1190 Adventure dapat dilakukan oleh pengendara secara elektronik dengan hanya menekan tombol yang terdapat di sebelah kiri. Sementara 1190 Adventure R pengaturan suspensinya harus dilakukan secara manual.

Sementara untuk harga kedua varian moge andalannya ini, PT Moto KTM Indonesia memang tidak secara terang-terangan membeberkannya. Untuk varian KTM 1190 Adventure akan dilepas dengan harga mulai dari Rp 450 jutaan, sedangkan untuk 1190 Adventure R akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal Rp 10 jutaan.

KTM 990 Supermoto T

Sementara untuk varian KTM 990 SM T, KTM mempersenjatainya dengan mesin berkapasitas 999 cc V 75 derajat, 2-silinder, liquid-cooled. Sedangkan sistem pengapiannya juga menggunakan busi ganda (twin plug ignition), bersistem injeksi, engine management terbaru besutan Keihin, berteknologi drive-by-wire dan anti-hopping clutch.

Jantung pacu 990 SM T ini mampu meletupkan tenaga mencapai 115 PS yang kemudian disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan.

Varian KTM 990 SM T ini merupakan hasil dari penyempurnaan model 990 Supermoto sebelumnya. Untuk varian yang masuk dalam kategori Supermoto ini hadir dengan menawarkan kenyamanan berkendara yang lebih baik saat diajak untuk melakukan touring jarak jauh.

Posisi duduk pengendara pada 990 SM T ini juga didesain se-ergonomis mungkin, tentunya untuk menciptakan riding position yang sempurna bagi pengendaranya. Selain itu, motor andalan KTM ini juga dibekali dengan panel instrumen dengan desain yang futuristik yang berisi dengan beragam informasi seperti speedometer dan rpm meter yang dapat dengan mudah dilihat sang pengendara.

Selain itu, jok 990 SM T ini juga dibalut dengan bahan kulit berkualitas tinggi, sehingga memberikan posisi duduk pengendara saat melahap medan yang sulit sekalipun.

KTM juga membekali 990 Supermoto T andalannya ini dengan suspensi 210 mm dan perangkat sistem pengereman ABS yang menjadi fitur standar sepeda motor Supermoto ini. Selain itu, rem dari Brembo empat kaliper juga turut disematkan oleh KTM pada motor andalannya ini.

Hadirnya fitur-fitur tersebut tentunya untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pengendara dengan semaksimal mungkin selama melakukan touring jarak jauh dengan melewati medan off-road ringan maupun jalanan aspal. Dengan dibekali dengan fitur-fitur tersebut, KTM 990 SM T ini juga sangat direkomendasikan sebagai kendaraan yang sangat cocok untuk melakukan sebuah perjalanan ekspedisi.

Sedangkan untuk harga KTM 990 SMT ini diperkirakan akan dilepas dengan harga Rp 300 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here